Mother&Baby Indonesia
Ajak Bayi Bicara

Ajak Bayi Bicara

Tak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa intensitas ibu mengajak bayinya berinteraksi dan berbicara dapat memengaruhi perkembangan Si Bayi. Seperti dilansir dari Baby Center, bayi yang sering diajak berbicara oleh orangtuanya memiliki IQ yang lebih tinggi dan kosakata yang lebih banyak ketika menginjak usia balita nanti. Itu sebabnya, interaksi sangat penting, terutama saat Si Kecil menginjak usia 3 bulan.

 

Ajak bayi Anda berkomunikasi dengan berbagai kata. Anda dapat menceritakan tentang apa yang terjadi di lingkungan sekitar saat berjalan-jalan bersama dengannya. Bayi Anda memang belum bisa mengulang kata-kata Anda, tetapi ia akan menyimpan semua informasi dalam ingatannya yang sedang berkembang pesat.



 



Mendengar Anda membaca juga dapat membantu perkembangan pendengarannya. Hal tersebut juga melatih vokal dan bahasa lisannya. Saat membacakan sesuatu, variasikan intonasi suara Anda, gunakan aksen, dan nyanyian, agar komunikasi antara Anda dan bayi Anda menjadi lebih menarik. Jika Si Kecil terlihat tidak tertarik saat Anda membacakan cerita, coba lakukan aktivitas menarik lainnya, atau beri ia waktu untuk beristirahat. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: mengajak bayi berbicara,   ajak bayi bicara








Cover September 2019

Related Article