Mother&Baby Indonesia
Tetap Intim Setelah Melahirkan

Tetap Intim Setelah Melahirkan

Mengasuh bayi yang baru lahir memang luar biasa. Tidak hanya pola tidur, aktivitas seks Anda juga akan mengalami perubahan setelah memiliki bayi, sehingga seks tidak lagi menjadi prioritas utama bagi Anda. Namun, bukan berarti ungkapan rasa cinta dan gairah seks Anda padam. Anda tetap bisa membangkitkan gairah seks dan rasa cinta Anda dengan beberapa cara berbeda yang lebih positif dan menarik, seperti berikut.

 

1.  Coba Perlahan
Umumnya, Anda akan memerlukan waktu beberapa minggu atau bulan untuk membangkitkan gairah seks Anda kembali. Untuk membangkitkan gairah Anda kembali seperti semula, psikolog seks keluarga dari Inggris, Dr. Petra Boynton menyarankan agar Anda mencoba bereksplorasi. “Gunakan jari pasangan Anda untuk 'menjelajahi' tubuh Anda perlahan. Ukur bagaimana sensasi yang Anda rasakan,” ungkapnya.



Jika Anda menjalani persalinan Caesar, Anda mungkin akan khawatir dengan posisi seks yang dapat mengganggu daerah sekitar bekas luka Caesar Anda. Petra menyarankan untuk melakukan pola seks yang belum pernah Anda coba sebelum memiliki anak. “Anda dapat mencoba posisi yang berbeda dari sebelumnya. Tentu saja yang membuat Anda merasa lebih nyaman,” tambahnya.

 

2.  Ungkapkan Rasa Sayang
Setiap hubungan memang bisa bertahan tanpa kegiatan seks untuk sementara waktu, tetapi bukan berarti tanpa dukungan dan ungkapan kasih sayang apa pun. Jadi, coba berbicara dengan pasangan Anda dari hati ke hati. Ungkapkan perubahan besar yang sedang Anda alami saat ini, termasuk kehidupan seks Anda berdua. Sebaiknya, fokuslah pada hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat, seperti bekerja sama dalam mengasuh Si Kecil. Anda juga bisa melihat ungkapan rasa cinta pasangan saat ia membantu Anda mengasuh Si Kecil.



 

3.  Ubah Rutinitas Seks
Rutinitas seks Anda tentu tidak bisa seperti saat sebelum memiliki bayi, karena Anda tidak akan memiliki energi dan waktu untuk itu. Kegiatan-kegiatan seks sederhana mungkin akan lebih sering terjadi tanpa direncanakan, seperti seks kilat di sofa saat bayi Anda tidur siang, atau saat saling memberikan pijatan di tempat tidur. Manfaatkan waktu luang saat berdua untuk saling menunjukkan ungkapan sayang sederhana, seperti mencium, membelai rambut, mendekap, dan lainnya.

 

4.  Sadari Payudara
Setelah melahirkan, bentuk payudara Anda mungkin tidak lagi indah. Air susu Anda pun sesekali waktu bisa menetes, karena Anda sedang dalam masa menyusui. Jika Anda khawatir respons payudara Anda saat berhubungan intim dengan pasangan, Anda bisa melakukan seks dengan posisi doggy style agar payudara Anda tidak terhimpit. Saat berhubungan intim, Anda juga bisa memakai bra dengan bantalan payudara untuk mengantisipasi saat mengalami kebocoran ASI. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: tetap intim setelah melahirkan,   seks pasca-persalinan,   tip seks