Home - Kehamilan & Persalinan - Persalinan / 15 Januari 2014 / Redaksi

Tetap Cantik Setelah Melahirkan

Banyak wanita meragukan penampilan mereka setelah melahirkan Si Kecil. Tubuh yang 'melebar', lipatan-lipatan lemak, kulit wajah yang kusam, rambut yang rontok, perut yang dipenuhi guratan, hingga skar operasi, sering menjadi permasalahan yang tak kunjung terselesaikan.

 

"Masalah kulit yang dihadapi ibu pasca-persalinan memang cukup beragam, mulai dari jerawat, stretchmarks, bercak hiperpigmentasi, kerontokan rambut, hingga timbulnya skar atau bekas luka, terutama pasca-operasi Caesar," ujar dr. Amaranila Lalita Drijono, Sp.KK, praktisi kulit dari Bunda Medika Group, Jakarta.  Menurutnya, tanpa penanganan yang benar, berbagai masalah kulit ini dapat mengganggu kepercayaan diri Si Ibu, bahkan keharmonisan rumah tangganya. Berikut 5 tip agar para ibu tetap tampil cantik setelah melahirkan:



 

1.  Gunakan pelembap. Masalah kulit, seperti stretchmarks bisa dicegah dengan memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit sejak dini di awal masa kehamilan.

2.  Aplikasi asam glikolat. Jerawat semasa kehamilan dapat Anda rawat dengan aplikasi  produk yang mengandung asam glikolat sesuai anjuran dokter, sehingga tidak menimbulkan bekas yang mengganggu usai persalinan Anda.



3.  Jangan lupakan tabir surya. Bercak gelap di kulit semasa kehamilan dapat dikurangi dengan mencegah paparan sinar matahari yang berlebihan dengan pemakaian tabir surya yang teratur dengan tepat.

4.  Cegah kerontokan rambut. Kerontokan rambut yang sering terjadi setelah kehamilan berakhir dapat Anda antisipasi dengan merawat kulit kepala dan rambut sejak trimester pertama kehamilan.

5.  Oleskan gel. Skar atau bekas luka pasca Caesar dapat diminimalisir dengan penggunaan gel topikal yang telah teruji klinis secara teratur. Dengan demikian, area luka mendapatkan hidrasi yang tepat untuk pulih kembali. (Dian/Dok. M&B)

 

 

 


OTHER ARTICLES

Ini Alasan Balita Terobsesi dan Suka Hal yang Sama

Lakukan Ini untuk Membangun Percaya Diri Bayi Anda!

Mengenal 4 Tipe Bayi, Manakah Tipe Si Kecil, Moms?

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an

Anak Punya Victim Mentality? Begini Mengatasinya, Moms