Mother&Baby Indonesia
Tip Atasi Nyeri Pinggang saat Hamil

Tip Atasi Nyeri Pinggang saat Hamil

Nyeri pinggang merupakan gangguan yang lazim dialami oleh bumil. Bahkan, sekitar 50-80 persen ibu hamil menderita nyeri pinggang dari yang ringan, akut, hingga kronis. Keluhan ini umumnya akan semakin parah di trimester akhir kehamilan. Hal tersebut tentu saja dapat mengganggu aktivitas Anda selama hamil.

 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri pinggang yang dirasakan. Berikut beberapa tipnya.



 



1.  Olahraga teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh. Olahraga yang aman untuk bumil, di antaranya, jalan santai, berenang, atau prenatal yoga.
2.  Kurangi beban berat pada tulang pungggung Anda. Postur tubuh yang baik selama beraktivitas, duduk, maupun tidur, dapat mengurangi nyeri pinggang yang dirasakan.
3.  Tidurlah dengan posisi miring ke salah satu sisi dengan guling berada di antara kedua lutut. Cara tidur seperti ini dapat mengalihkan beban tulang punggung Anda.
4.  Bila bekerja dalam posisi duduk, maka duduklah dengan tegak dan sangga punggung dan pinggang dengan handuk yang digulung.
5.  Jangan menggunakan sandal atau sepatu berhak tinggi selama kehamilan.
6.  Prenatal massage juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot di sekitar punggung, pinggang, dan tungkai belakang. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: tip atasi nyeri pinggang saat hamil,   cara atasi nyeri pinggang saat hamil,   prenatal yoga,   prenatal m