Mother&Baby Indonesia
Penyebab Nyeri Pinggang saat Hamil

Penyebab Nyeri Pinggang saat Hamil

Anda pernah merasakan nyeri pinggang saat hamil? Ya, kondisi ini wajar terjadi pada ibu hamil, yang dipicu oleh beberapa faktor. Sebagian besar ibu hamil mulai merasakan keluhan ini pada trimester pertama kehamilan. Bumil dengan indeks massa tubuh yang lebih dari 25, dan wanita yang sebelum kehamilannya sering mengalami sakit pinggang, sangat berisiko mengalami masalah ini. Pada beberapa kasus, nyeri pinggang yang sangat hebat bahkan bisa menjadi gejala dari osteoporosis.


Menurut dr. Adrian W. Tarigan M.D., Sp.OT, dokter spesialis orthopedi dari Brawijaya Women & Children Hospital, banyak faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya nyeri pinggang saat hamil, seperti berikut ini:


1.  Peningkatan Berat Badan



Normalnya, berat badan ibu selama kehamilan akan meningkat sekitar 12,5-17,5 kg. Karenanya, tugas tulang belakang menjadi bertambah berat, karena harus menopang peningkatan berat badan tersebut. Peningkatan berat badan janin dan bertambahnya besar rahim juga menyebabkan penekanan pada pembuluh darah besar dan saraf yang terletak di dekat tulang punggung dan tulang panggul. 


2.  Perubahan Hormon Tubuh

Selama hamil, tubuh Anda akan menghasilkan hormon yang disebut relaksin. Hormon ini merileksasi ligamen di daerah panggul, sehingga persendian menjadi lebih longgar untuk persiapan proses melahirkan. Namun, hormon ini juga menyebabkan ligamen yang menyokong tulang punggung menjadi lebih longgar, sehingga sering kali timbul rasa nyeri.


3.  Perubahan Postur Tubuh

Saat hamil, pusat gravitasi tubuh Anda akan berubah menjadi lebih ke depan, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Tanpa disadari, Anda akan berusaha beradaptasi dengan cara menyesuaikan cara duduk, berdiri, dan bergerak. Inilah yang menyebabkan ketidaknyamanan pada pinggang Anda.




4.  Peregangan Otot

Seiring dengan bertambahnya ukuran rahim, otot rektus abdominis yang berada di depan rahim juga akan ikut meregang. Inilah yang dapat memperparah nyeri pinggang bumil.


5.  Stres

Stres emosional diklaim dapat memperparah rasa nyeri pinggang pada kehamilan. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola emosi Anda dengan cara rileksasi. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

 



Tags: penyebab nyeri pinggang saat hamil,   faktor,   ibu hamil,   kehamilan,   nyeri pinggang,   nyeri pinggang saa








Cover Maret 2020