Mother&Baby Indonesia
Dampak Cacar Terhadap Janin

Dampak Cacar Terhadap Janin

Cacar air adalah penyakit yang hanya dialami sekali seumur hidup. Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini, bukan penyakit berbahaya. Namun, bagaimana kalau Anda mengalaminya saat hamil?

 

Cacar air saat hamil memang dapat memengaruhi perkembangan janin. Cacar air yang terjadi di awal kehamilan berisiko menimbulkan masalah serius pada janin, seperti cacat lahir, bahkan meninggal dunia.



 

Diperkirakan, sebanyak 1,5 persen bayi yang dilahirkan oleh ibu dengan kehamilan trimester awal terserang cacar air menderita congenital varicella syndrome (CVS). Sedangkan, jika cacar air menyerang ibu pada trimester ketiga, umumnya tidak menyebabkan kelainan bawaan. Sementara itu, bila ibu terserang cacar air dalam rentang waktu 5-21 hari sebelum persalinan, kemungkinan besar Si Kecil akan tertular dalam skala ringan.



 

Risiko yang paling membahayakan adalah jika bumil terkena cacar air dalam rentang waktu 7 hari sebelum melahirkan sampai 21 hari usai persalinan. Bayi yang lahir mungkin akan terpapar virus, karena belum mendapat kekebalan tubuh dari ibunya. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: dampak cacar terhadap janin,   cacar,   kehamilan dengan cacar,   congenital varicella syndrome