Mother&Baby Indonesia
Tip Merawat Tali Pusat

Tip Merawat Tali Pusat

Sebelum bayi dilahirkan, tali pusat berfungsi sebagai saluran suplai makanan dari plasenta. Setelah lahir, tentu tali pusat ini tidak diperlukan lagi, karena itu dipotong. Namun, biasanya dokter menyisakan sedikit bagian. Setelah 5-15 hari, tali pusat akan lepas. Sebelum terlepas, tali pusat ini tetap harus mendapatkan perawatan khusus agar terhindar dari infeksi.

 

Rekomendasi WHO mengungkapkan, membersihkan tali pusat cukup dengan air dan sabun. Penggunaan alkohol tidak lagi dianjurkan, karena berdasarkan hasil penelitian, tali pusat yang dibersihkan dengan air dan sabun cenderung lebih cepat lepas dibandingkan yang dibersihkan dengan alkohol. Namun memang, jika tidak dibersihkan dengan alkohol, ada kemungkinan tali pusat itu akan mengeluarkan bau tak sedap. Berikut ini tip M&B untuk merawat tali pusat bayi Anda:


1. Jagalah kebersihan tali pusat dan area sekitarnya, serta upayakan selalu kering.
2. Gunakan selalu kapas baru saat membersihkan setiap bagiannya.
3. Agar bisa cepat lepas, balutlah tali pusat dengan menggunakan kain kasa, sehingga mendapat udara cukup dan tali pusat bisa cepat mengering. Jika persalinan dilakukan di klinik atau rumah sakit, biasanya pihak ini sudah menyangga tali pusat bayi dengan penjepit khusus dari bahan plastik yang dibalut dengan kain kasa.
4. Ganti balutan kain kasa tali pusat setiap selesai mandi (2 kali sehari). (Gita/DMO/Dok. M&B)



Tags: tip merawat tali pusat,   tali pusat,   alkohol










Cover April 2020