Mother&Baby Indonesia
Trik Menyiapkan Biaya Persalinan

Trik Menyiapkan Biaya Persalinan

Selain kesiapan fisik dan mental, biaya persalinan juga harus menjadi perhatian utama dalam menyambut kehadiran Si Kecil. Berikut trik untuk menyiapkan biaya persalinan yang diberikan Diana Sandjaja, Financial Planner & Investment Advisor MRE Financial & Business Advisory.


1. Biaya persalinan sebaiknya dipersiapkan segera setelah Anda dinyatakan hamil. Anda bisa memulainya dengan melakukan survei biaya persalinan di rumah sakit yang diminati. Perlu diingat bahwa biaya persalinan dipengaruhi oleh tindakan-tindakan yang diambil dokter kandungan dan Anda pun harus mempersiapkan hal itu.


2. Tanyakan secara jelas mengenai fasilitas penggantian biaya persalinan lewat asuransi. Cari tahu berapa dana penggantiannya atau kelas perawatan yang bisa digunakan, juga prosedur klaim dan lampiran dokumen yang diperlukan agar tidak kerepotan nantinya.




3. Untuk menghemat dana, Anda bisa melakukan proses persalinan dan kontrol kehamilan di tempat yang berbeda. Misalnya, Anda menggunakan jasa bidan untuk mengontrol kehamilan, namun saat persalinan dengan dokter kandungan.


4. Saat menyiapkan biaya persalinan, Anda memiliki waktu terbatas, yakni maksimal 9 bulan. Untuk itu, sebaiknya simpan dana tersebut dalam bentuk tabungan atau deposito saja. Apabila ada dana berlebih, Anda tetap harus menghematnya untuk biaya perawatan setelah bersalin.




5. Apabila dana Anda terbatas, jangan tergiur untuk membeli perlengkapan bayi yang memerlukan biaya besar. Beli perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan, seperti pakaian dengan jumlah secukupnya saja. Sementara untuk kebutuhan lain, seperti stroller, boks bayi, atau mainan, Anda bisa meminjam atau menyewa.

 

6. Siapkan biaya tak terduga. Hal ini dibutuhkan agar proses pengambilan keputusan dalam proses persalinan tidak terhalangi oleh faktor finansial. Anda pun dapat mengajukan pinjaman lunak dari jauh hari kepada keluarga atau perusahaan untuk berjaga-jaga. (Dina/SR/Dok.M&B)
 



Tags: persalinan,   biaya persalinan,   tips,   trik










Cover April 2020