Mother&Baby Indonesia
Serunya Mengkreasikan Makanan Bersama Si Kecil

Serunya Mengkreasikan Makanan Bersama Si Kecil

Memasak dan mengkreasikan makanan ternyata menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama Si Kecil lho, Moms! Hal itu terbukti dalam acara 'Cooking Demo & Bento Making' bersama komunitas media sosial M&B yang diadakan di restoran Ten Ten, Plaza Indonesia, Sabtu (25/01). Saat acara berlangsung, chef Dian Kusyanto juga berbagi trik untuk membuat bento, sementara beberapa Moms mengungkapkan rahasia mereka dalam menggugah selera makan Si Kecil seperti berikut ini. (Sagar/DC/Dok. M&B

 

Cari Tahu!



 “Anak-anak perlu makan banyak sayuran dan protein yang didapatkan dari daging ikan, contohnya salmon. Selera makan mereka biasanya meningkat bila ibu mampu mengkreasikan makanan ke dalam bentuk yang lucu. Wortel kalau hanya dipotong-potong akan terlihat membosankan dan tidak menggugah selera makan Si Kecil. Tetapi kalau ibu membentuk makanan menjadi mobil-mobilan atau karakter kartun kesukaannya, ia pasti melahapnya. Cetakan untuk membentuk makanan dijual bebas, kok. Ibu pun harus rajin mencari tahu perkembangan film atau tokoh kartun yang disukai anak-anak. Rutin masak dan berkreasi membuat bento bersama Si Kecil di rumah akan membantunya untuk lebih mengenal berbagai bahan makanan dan membuatnya lebih berselera makan.”

Chef Dian Kusyanto

 

Siasati agar Menarik

 “Dulu, Darren sangat sulit kalau diajak makan bubur. Ia pasti menolak dan tidak mau makan. Saya pun menyiasatinya dengan menambahkan sayur-sayuran ke dalam buburnya, seperti kacang polong. Setelah itu, Darren yang tadinya selalu menolak makan bubur menjadi tertarik dan menyantapnya dengan lahap.”

Christine, 30, ibu dari Darren, 3.

 

Jangan Pakai Penyedap Rasa

“Saya suka mengajak Fadhil memasak bersama, walaupun biasanya dapur menjadi kacau-balau. Kami pernah membuat perkedel dan dibentuk menjadi mobil-mobilan. Saya menambahkan keju di dalamnya untuk memberi rasa asin, sebab saya tidak pernah mau menggunakan penyedap rasa. Fadhil senang sekali saat membantu saya berkreasi dengan makanannya dan ia pasti melahap semuanya tanpa sisa."

Leonita, 31, ibu dari M. Fadhil Alforizky.

 



Menambah Wawasan

“Saya rajin mengikuti acara seperti membuat bento ini, untuk menambah wawasan agar bisa menggugah selera makan Si Kecil. Saya selalu membuatkan makanan untuk Daffa setiap pagi sebelum ia pergi sekolah, termasuk membuatkan bento sebagai bekalnya. Untungnya, Daffa suka semua jenis makanan. Tetapi, ia tidak mau makan kalau tidak ada wortel di dalam makanannya.”

Djihan, 36, ibu dari Daffa Rakha Djidan, 4 tahun 9 bulan.

 

Tidak Pilih-Pilih Makanan

“Makanan favorit April adalah telur, sayur sup, dan ayam goreng. Namun, ia sebenarnya juga suka makanan lainnya dan tidak pilih-pilih. Soalnya, saya membiasakannya untuk mengonsumsi semua makanan sejak kecil. April mungkin kelihatannya kurus, tapi ia sehat karena asupan nutrisinya cukup.”

Nurma, 34, ibu dari Aprilia, 4 tahun 8 bulan.

 

Berbagi Tugas di Dapur

“Saya sering melakukan cooking time bersama Audrey. Kami suka berkreasi dengan bahan makanan yang ada, agar makanan menjadi bervariasi dan tidak membosankan. Biasanya, kami juga berbagi tugas saat di dapur. Saya bagian memasak dan karena Audrey belum boleh menggunakan kompor, ia mendapat tugas memotong-motong bahan makanan. Seru, kan?”

Agnes Regina, 27, ibu dari Amanda Audrey Firsta, 6.



Tags: kreasi makanan,   bento,   m&b event,   cooking time








Cover Maret 2020