Mother&Baby Indonesia
Mari Mengenal Jenis-Jenis Karbohidrat!

Mari Mengenal Jenis-Jenis Karbohidrat!

Tahukah Anda, menurut Dr. Inge Permadhi, MS, Sp.GK, menjelaskan bahwa karbohidrat terbagi menjadi dua, yaitu:

 

Karbohidrat Simpleks, yaitu jenis karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh. Karbohidrat ini terbagi menjadi dua:
1. Monosakarida, merupakan karbohidrat sederhana yang tidak dapat dihidrolisis menjadi karbohidrat yang lebih kecil. Monosakarida terdiri dari:
a. Glukosa
b. Fruktosa, gula yang alami terkandung dalam buah-buahan dan rasanya sangat manis. Fruktosa terdapat pada, buah-buahan matang dan madu.
c. Galaktosa, rasanya lamat (tidak manis dan tidak hambar, seperti gula pasir yang dilarutkan dalam sejumlah besar air). Galaktosa terdapat dalam susu.
2. Disakarida adalah karbohidrat yang tersusun dari 2 molekul monosakarida.
a. Maltosa, merupakan gabungan dari dua glukosa. Biasanya terdapat dalam jelai dan makanan turunannya.
b. Sukrosa, merupakan gabungan dari glukosa dan fruktosa. Terdapat dalam segala jenis gula meja, seperti gula pasir, gula merah, dan gula aren.
c. Laktosa, merupakan gabungan dari laktosa dan glukosa. Terdapat dalam susu dan ASI.



 



Karbohidrat Kompleks, yaitu jenis karbohidrat yang tidak mudah diserap tubuh. Karbohidrat kompleks dinamakan juga polisakarida, yang terdapat dalam berbagai jenis makanan, seperti nasi, jagung, dan lain-lain. Perlu diketahui jika Anda dan keluarga banyak mengonsumsi jenis karbohidrat yang cepat diserap oleh tubuh, maka risiko terserang diabetes akan semakin tinggi. Jika dalam tabel kemasan suatu produk hanya dicantumkan gula saja tanpa detail jenisnya, maka gula yang dimaksud adalah sukrosa. (Rosa/SR/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: karbohidrat,   gula,   glukosa










Cover April 2020