Mother&Baby Indonesia
Terapi Alami Demam Berdarah

Terapi Alami Demam Berdarah

Jika Si Kecil mengalami demam yang turun-naik, Anda sebaiknya waspada, siapa tahu ia terkena demam berdarah dengue (DBD). Ya, DBD ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes agypti. Penyakit ini diketahui menyerang para bayi, anak-anak, hingga orang dewasa dengan gejala demam 3 sampai 14 hari setelah terkena gigitan nyamuk tersebut.

 

Hingga kini, belum ada vaksin yang bisa mencegah DBD, juga belum ada obat yang mampu menyembuhkannya. Penderita hanya perlu mendapatkan perawatan intensif, istirahat cukup, memperbanyak asupan cairan, dan minum obat untuk menurunkan suhu tubuh dan menaikkan jumlah trombositnya.



 

Di masyarakat, ada beberapa bahan alami yang dipercaya mampu mempercepat pemulihan dari penyakit DBD, yaitu propolis, kurma, dan jus jambu. Namun, tidak semua bahan-bahan alami yang disebutkan ternyata benar-benar mampu membantu penderita DBD menjadi cepat pulih.



 

Disebutkan dalam acara yang diselenggarakan oleh High Desert Indonesia (HDI) Group, propolis atau sarang lebah telah teruji klinis mampu membantu menyembuhkan DBD. Menurut Alva Paloma, Senior Business & Product Development Manager HDI Group, jambu dan bahan alami lain memang banyak diklaim bisa membantu penyembuhan DBD. "Namun, sepengetahuan kami untuk bahan alami lain belum ada uji klinis secara formal apakah memang bisa menyembuhkan penyakit DBD ini,” ungkapnya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)



Tags: demam berdarah,   dbd,   propolis untuk demam berdarah,   terapi alami demam berdarah








Cover Maret 2020