Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Posisi Duduk dan Berdiri

Perhatikan Posisi Duduk dan Berdiri

Posisi duduk dan berdiri seseorang ternyata dapat menentukan kesehatan. Menurut dr. Jovita Maria Melanie, SpKFR, Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi Medik Physiatrics Mayapada Hospital, beban yang ditanggung oleh tulang belakang akan lebih berat saat berada dalam posisi duduk, terutama saat posisi duduk dengan badan membungkuk ke depan.

 

“Semakin membungkuk ke depan saat duduk, beban tulang belakang kita akan semakin tinggi. Begitu juga saat kita berdiri, semakin membungkuk, maka beban juga akan semakin tinggi. Bagi ibu bekerja, hal ini perlu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, karena banyak aktivitas kita yang menggunakan posisi seperti ini,” ungkap dr. Jovita.



 

Ia menambahkan, semakin tegak kita duduk dan berdiri, beban tulang belakang akan semakin ringan. Anda bisa menyisipkan bantal di bagian belakang pinggul dalam posisi duduk saat bekerja di kantor. Selain itu, posisi duduk dengan punggung yang menempel pada sandaran kursi, juga mampu membantu meringankan beban tulang belakang Anda.

 

Aktivitas mengangkat barang pada saat duduk juga memberi banyak tekanan pada tulang belakang. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur posisi barang yang ada di meja kerja Anda. Letakkanlah  barang yang sering Anda jangkau lebih dekat dengan jarak badan Anda. Untuk barang yang lebih sering dipakai, letakkan berjarak 25 cm dari tubuh Anda, sedangkan untuk barang yang kadang-kadang Anda pakai, bisa diletakkan  dengan jarak 50 cm dari tubuh Anda. Semakin jarang kita pakai, barang tersebut boleh diposisikan lebih jauh dari tubuh.



 

“Semakin jauh jangkauan kita saat duduk, beban tulang belakang juga akan semakin besar. Meskipun itu pekerjaan tangan, tetapi tulang belakang memiliki peran dalam kegiatan ini,” tambah dr. Jovita.

 

Tulang belakang manusia merupakan salah satu organ tubuh yang vital, karena berfungsi menopang berat badan. Jika tulang penopang utama tubuh ini terganggu, rasa sakit akan menyerang, sehingga produktivitas akan terganggu. Untuk melatih otot tulang belakang agar bekerja lebih baik, Anda bisa melakukan gerakan berjalan kaki dan berolahraga. Meletakkan bantal di bawah lutut saat tidur juga membuat tulang belakang dan otot-ototnya lebih rileks. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: tulang belakang,   posisi duduk,   posisi berdiri,   perhatikan posisi duduk dan berdiri








Cover Maret 2020