Home - Balita - Berita Tentang Balita / 28 Januari 2014 / Redaksi

Bila Kaki Si Kecil Melepuh

Periksalah kaki anak Anda secara rutin! Ya, tidak seperti orang dewasa yang bisa langsung mengobati kakinya sendiri, rata-rata anak menyembunyikan dan diam saja bila kakinya terasa sakit.

 

Melepuh adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada bagian kaki. Biasanya, hal ini disebabkan karena menggunakan sepatu atau sandal yang masih baru. Lepuhan dapat memburuk bila Si Kecil tidak memberi tahu Anda kalau bagian yang melepuh terus-menerus mengalami gesekan hingga semakin sakit.



 

Dilansir dari Babycentre, bila kaki anak Anda melepuh, coba cek ukuran sepatu kakinya, siapa tahu ukuran kakinya sudah berubah menjadi lebih besar. Lepaskan kaus kaki dan sepatunya sebentar agar bagian yang melepuh terkena udara dan tidak lembap. Bila kulitnya terkelupas, olesi obat antiseptik untuk membuat lukanya cepat mengering. Jangan pecahkan bagian yang melenting sebab hal itu dapat mengakibatkan infeksi.



 

Infeksi ringan yang disebabkan oleh virus, juga sering menyerang bagian tangan, kaki, dan mulut anak. Bagian tersebut akan melepuh, yang disertai dengan naiknya suhu tubuh anak. Normalnya, infeksi tersebut akan hilang selama beberapa hari. Tetapi, terkadang ruam akan menyebar ke seluruh bagian kaki dan tangan, serta sering menyebabkan lepuhan-lepuhan kecil di sekitar pantat anak. (Sagar/DMO/Dok. M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Gangguan Perkembangan Kaki Anak

OTHER ARTICLES

Belanja Seru dan Berburu Ilmu di M&B Fair 2019 Makassar

Berbagi Ilmu dan Keceriaan di Mother&Baby Fair Makassar

Momo Market " Future Culture"

Awas, TBC Bisa Mengancam Balita Anda, Moms!

4 Hal yang Ganggu Rutinitas Bayi dan Cara Mengatasinya