Home - Balita - Berita Tentang Balita / 21 Januari 2014 / Redaksi

Merawat Kaki Si Kecil

Merawat kesehatan tubuh sejak dini penting untuk dilakukan, termasuk merawat bagian kaki balita Anda. Jika Anda memperhatikan perawatannya, maka timbulnya masalah pada kaki Si Kecil di masa depan bisa dicegah. Salah satu caranya, perhatikanlah apa yang ia kenakan pada kakinya dan tak perlu terlalu terburu-buru membelikannya sepatu.

 

Kaus kaki yang dipakai Si Kecil harus memiliki ruang gerak yang cukup bagi jari-jemarinya. Bahan dasar katun atau campuran antara katun dan wol adalah bahan terbaik untuk membuat kakinya tetap hangat. Anda pun harus rajin memeriksa ukuran kaus kakinya secara teratur. Seperti dilansir dari Babycentre, kaus kaki dapat menyusut, karena sering dicuci. Jadi, bila terlalu ketat, dapat menghambat pertumbuhan kaki Si Kecil.



 

Selain itu, periksalah kaki Si Kecil setiap hari, sehingga bila ada masalah pada bagian kakinya, seperti melepuh, dapat langsung Anda obati. Cuci kedua kakinya dan keringkan seluruh kakinya dengan handuk yang lembut, terutama di bagian sela-sela jemarinya. Gunting kuku-kuku kakinya dengan bentuk lurus untuk mencegah kuku-kuku tersebut tumbuh ke bagian dalam dan menusuk kulit di sekitar kuku.



 

Berikan juga waktu Si Kecil untuk bertelanjang kaki setiap hari agar ia bisa melatih kaki, termasuk jemari kakinya. Anda dapat menggelitik bagian telapak kaki Si Kecil agar otot kakinya menjadi lentur dan belajar meregang. (Sagar/DMO/Dok. M&B)

 

 


OTHER ARTICLES

Kenapa Balita Tidak Bisa Diam? Ini Penjelasannya, Moms

Manfaat dan Fakta Memandikan Bayi yang Perlu Moms Tahu

Moms, Intip Potret Liburan Seru 7 Keluarga Seleb Ini!

Ini 10 Manfaat Jika Ayah Ikut Andil Mengasuh Anak

Menggendong Kala Hamil. Apa Risikonya?