Mother&Baby Indonesia
Agar Anak Terbiasa Makan Sehat

Agar Anak Terbiasa Makan Sehat

Gara-gara sulit makan, anak-anak cenderung mengonsumsi makanan kurang sehat. Padahal dengan sedikit kesabaran Anda atau pengasuh Si Kecil, ia bisa dilatih untuk mengenali makanan sehat. Seperti contohnya memperkenalkan buah dan sayuran yang bisa dilakukan secara bertahap, larangan mengonsumsi makanan kurang sehat pun bisa dilakukan secara perlahan-lahan. Coba lakukan trik yang direkomendasikan oleh washingtonpost.com berikut ini.

 

1. Jangan berikan hadiah makanan tak sehat
Sebagian orangtua sering memberikan hadiah berupa makan di restoran cepat saji jika anak tak mau makan atau bahkan ketika ia berprestasi dan bersikap baik. Jika ingin memberi hadiah makanan, pilihlah jenis yang bernutrisi, seperti sayuran atau jus buah dalam bentuk menarik. Jangan lupa, berikan info juga tentang manfaat sayuran untuk kesehatannya.



 

2. Berikan makanan pencuci mulut
Dessert atau makanan pencuci mulut juga perlu diberikan pada Si Kecil. Dessert yang terbuat dari buah-buahan, bisa diberikan sesudah makan untuk melengkapi asupan nutrisi anak. Si Kecil juga jadi  terbiasa mengonsumsi hidangan lezat dan menyehatkan.

 



3. Info tentang makanan kurang sehat
Selalu beritahu Si Kecil apa saja jenis-jenis makanan yang kurang sehat dan beri pengertian padanya, bahwa jenis makanan ini hanya bisa dikonsumsi sesekali saja.

 

4. Jangan paksakan untuk terus makan
Anak harus bisa merasakan lapar dan kenyang. Hal ini bisa membantunya menentukan kapan ia harus makan dan kapan harus berhenti. Jadi, jangan memaksakan anak untuk selalu menghabiskan makanannya. (Rosa/dok.M&B)



Tags: agar anak terbiasa makan sehat