Mother&Baby Indonesia
Latih Konsentrasi Si Hiperaktif

Latih Konsentrasi Si Hiperaktif

Anak-anak selalu memiliki rasa ingin tahu yang besar mengenai alam semesta, planet, dan luar angkasa, termasuk Si Hiperaktif yang memiliki energi begitu besar. Nah, jika buah hati Anda berkondisi seperti ini, maka Anda bisa memanfaatkan rasa ingin tahunya untuk menginspirasinya belajar memfokuskan energinya yang besar.

 

Ada beragam cara untuk melatih Si Hiperaktif agar lebih berkonsentrasi terhadap kegiatannya, yaitu dengan latihan kebugaran otak, koherensi jantung, dan latihan dengan tantangan khusus. Salah satu latihan dengan tantangan khusus yang diungkapkan dalam buku The Gift of ADHD berikut ini dapat Anda terapkan bersama Si Kecil.  Ceritakanlah tentang ledakan sinar gamma--  ledakan yang sangat unik yang pernah terjadi di angkasa luar. Keunikannya, ledakan energi ini berasal dari sebuah bintang yang tidak menyebar ke mana-mana, tetapi terfokus hanya pada 1 jalur sinar, sehingga terangnya seperti sinar laser.



 




1.  Ceritakan fenomena sinar gamma yang terdapat di angkasa luar yang sangat mengagumkan ini kepada Si Kecil. Dukung dengan ilustrasi dan gambar yang bisa Anda temukan di buku ataupun internet.
2.  Ajak ia untuk membayangkan fokus energinya yang besar, sehingga seperti sebuah sinar gamma yang terfokus ke 1 tugas yang sedang dikerjakannya.
Sebagai contoh, jika ia harus menyelesaikan pekerjaan rumahnya dan ia memiliki energi yang begitu besar, sehingga ia tidak bisa duduk tenang, maka ingatkan ia lagi tentang sinar gamma. Energinya yang sangat besar seperti halnya ledakan  bintang. Semua energinya akan terbuang ke segala arah, sehingga ia tidak bisa menyelesaikan 1 tugas pun, padahal ia berpotensi untuk itu. Jika ia bisa memfokuskan energinya seperti sinar gamma, maka ia pasti bisa menyelesaikan pekerjaan rumahnya dengan cepat dan baik.
3.  Selalu ingatkan Si Kecil bahwa ia bisa menguasai dan memfokuskan energinya. (Dian/Dok. M&B)

 



Tags: hiperaktif,   konsentrasi,   konsentrasi anak hiperaktif,   anak hiperaktif,   melatih konsentrasi anak hiper