Mother&Baby Indonesia
Cara Membuat Bubur Tim

Cara Membuat Bubur Tim

Si Kecil sudah siap makan bubur tim padat? M&B punya beberapa tip dan langkah-langkah dasar membuat bubur tim padat yang lezat bergizi bagi bayi Anda.

 



Langkah 1
Siapkan kaldu. Kaldu bisa dibuat dari bahan-bahan berikut:
5 buah kaki ayam (bisa diganti dengan tulang ayam, tulang sapi, atau tulang ikan untuk membuat rasa kaldu yang berbeda, sesuai campuran yang akan dimasukkan dalam bubur tim),
1 liter air,
1 batang daun bawang yang diiris halus,
1 buah tomat yang diiris halus,
2 lembar daun salam,
2 batang seledri, dan
¼ sdt garam

 

Cara mengolah:
Rebus kaki ayam dalam 1 liter air, hingga airnya tersisa sebanyak 750 ml. Masukkan semua bahan dan rebus selama 15 menit. Angkat dan saring agar air kaldu bersih dari sisa daging dan tulang.



 

Langkah 2
Siapkan bahan untuk membuat bubur. Anda bisa memilih bahan inti yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti beras, ubi, kentang, atau jagung. Anda juga bisa menambahkan sumber protein, misalnya telur, daging, ikan, atau ayam. Daun bayam dan katuk juga contoh sayuran yang bisa  ditambahkan dalam bubur tim Si Kecil. Agar mudah lunak, bahan-bahan pelengkap seperti sumber protein dan sayuran sebaiknya dipotong atau diiris halus sebelum dimasak.
Campur dan rebus semua bahan, termasuk kaldu yang sudah dibuat, lalu aduk rata. Tambahkan minyak atau santan secukupnya. Minyak atau santan berguna untuk membantu penyerapan vitamin A dalam tubuh.

 

Langkah 3
Letakkan campuran bubur dalam pinggan tahan panas, lalu kukus atau panggang selama sekitar 10 menit, sampai bubur menjadi agak kering.

 

Tip:
Sebaiknya buat bubur tim bayi sebanyak 2 porsi saja. Jika 1 porsi sudah dimakan, 1 porsi sisanya bisa Anda simpan di dalam lemari es. Saat bubur tersebut hendak dimakan, rendam bubur beku dalam air mendidih bersama wadahnya, sebelum diberikan kepada Si Kecil. (Aulia/OCH/doc.M&B)



Tags: membuat bubur tim,   cara membuat bubur tim,   cara membuat makanan padat