Mother&Baby Indonesia
8 Tip Menjaga Kebersihan Bayi

8 Tip Menjaga Kebersihan Bayi

Kehadiran Si Kecil tentunya menambah kebahagiaan dan suka cita di rumah Anda. Si Mungil dengan tubuh merahnya tentu memiliki kulit yang sangat sensitif. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi Anda. Ada 8 tip sederhana dalam menjaga kebersihan  yang perlu Anda perhatikan ketika memiliki bayi. Berikut tipnya.

 

1 . Cuci tangan Anda
Mencuci tangan Anda dengan sabun anti-bakteri sangat penting untuk menghilangkan bakteri atau  kuman berbahaya yang dapat menyebabkan pilek, flu, diare, dan infeksi lainnya. Pastikan pula untuk mengeringkan tangan Anda dengan benar. Cuci juga waslap tangan Anda secara teratur. Anda  juga perlu mencuci tangan sebelum menyusui bayi Anda, setelah mengolah makanan mentah, setelah mengganti popok dan pergi ke toilet, setelah menyentuh hewan peliharaan, serta setelah menyentuh  sampah atau limbah makanan.



 

2 . Jaga kebersihan rumah
Anda tidak perlu membersihkan rumah setiap hari. Fokus pada sudut rumah yang memiliki banyak kontak dengan kuman dan bakteri dari luar, seperti kamar mandi, dapur, bangku, meja, peralatan makan sendok, garpu, dan gelas. Anda perlu membersihkan peralatan-peralatan tersebut dengan bersih. Gunakan air panas dengan sabun khusus untuk peralatan makanan.

 

3 . Perhatikan kebersihan mainan
Saat bayi Anda memasuki usia 3 bulan, ia akan senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut mereka, termasuk mainan disekitarnya. Pastikan untuk secara teratur membersihkan mainan anak Anda dengan disinfektan yang baik. Lap mainan plastik dan pastikan Anda membilasnya secara menyeluruh.

 

4 . Memandikan bayi Anda
Mandi memang sangat penting untuk menjaga kebersihan bayi Anda. Namun, Anda tidak perlu terlalu berlebihan. Terlalu sering memandikan bayi Anda dapat merusak kulit sensitifnya.

 



5 . Menjaga kebersihan kuku jari
Kuku merupakan daerah yang perlu perhatian khusus. Bila kuku Si Kecil mulai panjang, potong  kuku bayi Anda dengan hati-hati. Hal ini juga menghindari terjadinya luka lecet pada bayi akibat  garukan dari kukunya yang panjang. Waktu terbaik untuk memangkas kuku adalah ketika bayi Anda tertidur. Pastikan untuk menggunakan gunting kuku bayi dan tidak memotong kuku terlalu pendek karena ini akan menyakiti bayi Anda.

 

6 . Membersihkan telinga
Bersihkan telinga Si Kecil hanya pada bagian luar telinganya saja, jangan terlalu dalam, dan jangan pernah memasukkan tunas kapas ke telinga bayi Anda. Bila terjadi tanda infeksi, segera konsultasikan ke dokter ahlinya.

 

7 . Membersihkan hidung
Bersihkan lendir kering dari hidung bayi karena hal ini dapat menyebabkan Si Kecil kesulitan bernapas. Gunakan kain basah untuk mencuci lembut lendir kering tersebut dengan hati-hati. Jika ragu, Anda juga bisa mengonsultasikan kepada dokter tentang hal ini.

 

8 . Membersihkan mata
Gunakan kapas basah untuk membersihkan mata bayi Anda dengan lembut. Konsultasikan kepada medis jika terjadi gejala infeksi pada mata bayi Anda. (Aulia/doc.M&B)



Tags: tip kebersihan bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020