Sulit dibayangkan, bagaimana harus menjalani hidup sehari-hari dengan “sosok lain” yang selalu menempel di tubuh kita. Tapi, ternyata Tuhan punya berjuta cara untuk melahirkan keajaiban dalam hidup. Lupita dan Carmen Andrade, contohnya. Kembar siam asal Meksiko itu menjalani hidup selama 12 tahun tanpa terpisahkan.Tubuh mereka berdua menyatu di bagian dada hingga kaki. Toh, justru mereka ogah dipisahkan. Ketika wacana untuk operasi itu muncul, mereka berkata pada sang bunda, "Mengapa Ibu ingin memotong kami?"

 

Hingga saat ini, Lupita dan Carmen masih melakukan terapi fisik. Mereka memiliki sepasang kaki. Ini setelah Carmen mengoperasi kaki kanan, dan Lupita mengoperasi kaki kiri. Semangat hidup mereka diabadikan Annabel Clark, seorang fotografer asal Amerika Serikat. Kedua gadis tangguh ini menjadi objek bidikan Clark yang berniat mengubah persepsi negatif terhadap kembar siam.



 

Tak dipungkiri bahwa Lupita dan Carmen kadang gerah melihat tatapan aneh sejumlah orang atas kondisi mereka. Tapi, soal itu, Carmen punya jurus jitu membesarkan hati. "Kalau mereka menatap saya seakan-akan saya gila, saya akan menatap mereka balik seakan-akan mereka gila," kata Carmen.

 

Chang dan Eng Bunker yang lahir tahun 1811 di Thailand juga kembar siam. Mereka berprofesi sebagai seniman, melakukan tur dunia, dan punya lebih dari 20 anak. Menjadi seniman juga dilakoni kembar siam Daisy dan Violet Hilton yang lahir tahun 1908. Mereka mendapat pengakuan di Jerman, Amerika Serikat, dan Australia. Daisy dan Violet menjadi penari tap dance di Bob Hope.



 

Lori dan George Schappell yang lahir tahun 1961, siam di kepala dengan berbagi 30% materi otak. Si kembar siam ini jadi penyanyi musik country internasional dan menyanyikan lagu soundtrack untuk film Hollywood Stuck on You.  

 

Siapa pemegang Guinness World Record untuk kembar siam tertua yang hidup? Adalah Donnie dan Ronnie Galyon, yang lahir di Ohio 1951, yang siam dari pangkal paha ke tulang dada, serta berbagi semua organ laki-laki. (Nurul Rahmawati (kontributor Surabaya)/SR/Dok.Google*)