Mother&Baby Indonesia
MB Fair 2013: Persiapan Kehamilan, Penting!

MB Fair 2013: Persiapan Kehamilan, Penting!

Dalam talk show Be Healthy Mom to Be, dr. Ali Sungkar, Sp.OG mengatakan kalau kehamilan itu diibaratkan membangun rumah. Dibutuhkan bahan-bahan berkualitas untuk bisa membangun tempat tinggal yang nyaman untuk Anda dan itu pula yang harus Anda lakukan dalam mempersiapkan kehamilan. Sebagai calon ibu, Anda membutuhkan kecukupan nutrisi yang baik agar bisa menyediakan 'tempat' yang nyaman bagi janin dan membuatnya tumbuh sehat. Berikut beberapa hal yang juga perlu diperhatikan dalam mempersiapkan kehamilan.

 

Perhatikan Masalah Umum di Trimester Pertama



Masalah umum yang sering ditemui di trimester pertama adalah morning sickness, yang menyebabkan mual dan muntah. Dokter Ali mengungkapkan, bila seorang ibu tidak memerhatikan nutrisi di saat kritis itu, maka bisa menyebabkan terlambatnya pertumbuhan janin. “Hamil membuat perubahan hormon progesterone, sehingga terjadi pengosongan lambung, dan akhirnya terjadi mual dan muntah,” jelasnya.

 

Untuk mengatasi kekurangan nutrisi di trimester pertama, jagalah pola makan harian Anda. “Upayakan sarapan sebelum pukul 7 pagi, lalu makanlah camilan segar pada pukul 10 pagi dengan takaran kalori yang seimbang. Kemudian, berusahalah agar makan siang dilakukan sebelum pada pukul 1 siang dan sediakan camilan sehat untuk sore hari, dan makan malam sebelum pukul 7. Penting juga untuk menyediakan camilan séhat 1 jam sebelum tidur,” ungkap dr. Ali.

 

Nutrisi Seimbang



Wanita hamil membutuhkan sekitar 300-400 kalori tambahan dalam sehari dan usahakan agar Anda selalu mengonsumsi makanan yang mengandung zat penting, seperti zat besi, vitamin, protèin, dan lain-lain. “Ibu hamil juga tidak boleh sampai kelebihan kalori, karena bisa membuat Anda mengalami obesitas dan diabetes gestasional (diabetes saat hamil). Hal itu juga bisa menjadi pemicu anak mengalami obesitas dan diabetes di masa depannya,” tambah dr. Ali.

 

Perhatikan Pencernaan

Salah satu masalah yang sering ditemui bumil adalah konstipasi atau sulit buang air besar. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan asupan cairan dan serat yang lebih banyak selama kehamilan dan menyusui. Zat yang tak kalah penting untuk untuk menjaga sistem pencernaan adalah probiotik, yang merupakan flora baik bagi usus dan efeknya dapat memperbaiki daya tahan tubuh.

 

Olahraga
Membiasakan diri berolahraga sebelum hamil dan olahraga ringan saat hamil minimal 30 menit sehari, dapat membantu melenturkan otot-otot yang penting untuk melancarkan persalinan. Kegiatan olahraga ini juga bisa meminimalisasi kelelahan pada ibu hamil dan membuat daya tahan tubuh lebih baik. (Gita/DC/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: kehamilan,   pribiotik,   pencernaan,   olahraga,   morning sickness








Cover Maret 2020