Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Gusi Sensitif saat Hamil

Mengatasi Gusi Sensitif saat Hamil

Perubahan hormon tubuh saat hamil kerap membuat gusi meradang dan gigi menjadi sensitif. Akibatnya, saat bumil menyikat gigi sering menimbulkan perdarahan pada gusi. Coba beberapa tip berikut seperti direkomendasikan babycenter.com untuk mengatasi masalah gusi dan gigi ini:

 



  1. Batasi waktu menyikat gigi Anda, maksimal 2 menit saja.
  2. Gunakan sikat gigi elektrik untuk menghindari perdarahan pada gusi karena gerakan sikat yang lebih lembut dan bulu sikat yang lembut.
  3. Bersihkan celah-celah gigi Anda minimal 3 kali seminggu untuk mengeluarkan plak dan sisa makanan yang sulit dijangkau sikat gigi. Anda bisa gunakan flos atau sikat gigi kecil (interdental brushes) untuk membersihkan celah gigi.
  4. Periksakan kesehatan gigi Anda ke dokter secara berkala saat hamil.
  5. Jika anda merokok, berhentilah! Selain berdampak buruk pada janin Anda, rokok bisa mengakibatkan peradangan pada gusi semakin parah.
  6. Bertanyalah pada dokter gigi Anda mengenai cairan kumur yang pas digunakan saat hamil. Cairan kumur yang mengandungi antiseptik seperti chlorhexidine biasanya boleh digunakan, walaupun meninggalkan rasa tidak nyaman setelah berkumur. (Gita/SR/Dok.M&B)





Tags: kehamilan,   gusi,   radang gusi,   kesehatan gusi,   kesehatan gigi