Mother&Baby Indonesia
Risiko Kerusakan Retina Pada Persalinan Alami

Risiko Kerusakan Retina Pada Persalinan Alami

Mata adalah indera yang sangat penting dan perlu dirawat dengan benar. Jika mata Anda sudah minus, berarti Anda perlu perawatan yang lebih khusus terutama jika Anda berencana hamil. Dr. Donny V. Istiantoro, Sp.M dari Jakarta Eye Center mengatakan, ibu  dengan kondisi mata minus atau memiliki retina yang tipis dikhawatirkan mengalami kerusakan mata yang semakin parah jika melahirkan normal. "Ibu dengan minus tinggi atau memiliki retina yang tipis, sebaiknya tidak mengejan terlalu kuat karena kemungkinan terjadi retina lepas menjadi tinggi," kata Donny.

 

Karena itu Donny mengharuskan ibu hamil untuk memeriksakan kesehatan mata terutama jika Anda ingin melakukan persalinan secara normal. Pemeriksaan dini pada dokter spesialis mata ahli retina akan dapat mengetahui apakah ada kerapuhan pada retina Anda atau tidak. Selain itu, coba beberapa tip berikut untuk menjaga kesehatan mata selama kehamilan.





  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan, karena makanan-makanan ini dapat membantu memperlambat degenerasi kesehatan mata dan pertumbuhan katarak.
  2. Istirahatkan mata setelah berjam-jam menghadapi komputer. Tutup mata dan jangan buka sampai hitungan kelima atau alihkan pandangan Anda ke objek yang jauh selama beberapa waktu, untuk mengistirahatkan mata dengan singkat dan efektif.
  3. Jangan bekerja dengan pencahayaan yang minim---karena mata akan cepat lelah---tapi juga jangan terlalu terang.
  4. Gunakan filter monitor untuk mengurangi efek radiasi dari layar komputer.
  5. Gunakan kacamata dan lensa kontak yang memang sesuai dengan mata Anda dan periksakan mata ke dokter setiap 12 bulan. (Gita/SR/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: kehamilan,   mata minus,   persalinan,   retina lepas,   retina tipis