Mother&Baby Indonesia
7 Langkah Agar Ngemil Tak Keterusan

7 Langkah Agar Ngemil Tak Keterusan

Memilih jenis camilan sehat, bukan satu-satunya cara untuk mengatasi agar kebiasaan ngemil tidak mengganggu berat badan Anda. Dilansir dari readerdigest.com, berikut strategi untuk mencegah ngemil secara berlebihan:


1. Permen Karet
Selain ngemil, ada alternatif lain untuk menemani waktu santai tanpa khawatir akan penambahan berat badan, yaitu dengan mengunyah permen karet bebas gula.


2. Atur Strategi
Jika sedang menempuh perjalanan panjang menggunakan kendaraan, terkadang keinginan ngemil untuk mengatasi kebosanan, sulit dihindari. Untuk menyiasati hal ini, bawalah camilan dalam porsi yang lebih kecil dan hindari membawa satu kemasan utuh. Batasi diri Anda untuk tidak jajan makanan ringan di tengah perjalanan, ketika bekal yang Anda bawa telah habis.




3. Simpan yang Kecil
Belilah makanan ringan yang dikemas dengan porsi kecil atau jika Anda ingin menghemat pengeluaran dengan membeli kemasan besar, pisahkan ke dalam wadah-wadah yang lebih kecil dan simpan di dalam lemari makanan.


4. Posisi yang Tepat
Tempatkan makanan yang sehat di bagian depan lemari es atau lemari makanan, dan makanan ringan yang kurang sehat, seperti keripik, di bagian belakang. Dengan demikian, Anda tidak akan tergoda untuk mengambil makanan ringan yang tak sehat, ketika membuka lemari es.




5. Jauhkan dari Meja Kerja
Orang yang menyimpan camilan di meja kerjanya, tanpa sadar akan terus makan secara berlebihan di sela-sela bekerja. Jadi, segera singkirkan toples makanan dari meja kerja Anda.


6. Makan pada Tempatnya
Aktivitas makan sebaiknya hanya dilakukan di dapur atau ruang makan di rumah. Makan di depan ruang TV dapat membuat Anda makan berlebihan karena berkonsentrasi pada apa yang Anda lihat, dan bukan pada apa yang Anda makan.


7. Tujuan yang Tepat
Jangan ngemil untuk alasan menemani waktu bersantai atau untuk meredakan stres. Ambillah makanan ringan pada jam-jam tertentu, dengan tujuan untuk menunda rasa lapar dan mencegah makan besar secara berlebihan. (Rosa/SR/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: tip,   ngemil,   nutrisi,   diet










Cover Mei-Juni-Juli 2020