Mother&Baby Indonesia
Vitamin C untuk Kehamilan

Vitamin C untuk Kehamilan

Tahukah Anda? Buah dengan kadar vitamin C tinggi yang sangat baik untuk membantu penyerapan zat besi dan memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C juga diperlukan untuk membangun sel tubuh, tulang, dan pembuluh darah janin. Menurut ahli gizi, dr. Samuel Oetoro, Sp.G (K), vitamin C sebaiknya dikonsumsi setiap pagi. Anda tidak perlu takut sakit perut karena makan buah di pagi hari, karena asam buah asli tidak seperti suplemen vitamin C yang dapat mengiritasi lambung. "Namun, Anda tentu perlu memilih buah dengan tingkat keasaman sedang," ujar dr. Samuel.

 

Buah, selain mengandung vitamin C, juga mengandung aneka zat gizi dan vitamin. Dokter Samuel menyarankan konsumsi buah yang terbaik adalah 10 porsi buah dari 10 jenis buah berbeda warna setiap hari. Buah-buahan juga mengandung serat yang dapat memperlancar pencernaan. Anda bisa mendapatkan vitamin C alami dengan mengonsumsi buah seperti anggur hitam, buah jamblang, dan kiwi.



 



“Khusus ibu hamil, anjuran konsumsi buah sedikit berbeda. Karena lambung bumil tidak dapat menampung banyak makanan, sebaiknya buah dimakan dalam porsi kecil tetapi sering. Dan, untuk memudahkan, sebaiknya buah dijus saja dan diambil sari buahnya. Tetapi tetap beberapa jenis buah, sebaiknya dimakan langsung atau diblender untuk memenuhi kebutuhan serat Anda,” saran dr. Samuel. (Gita/OCH/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: vitamin c saat kehamilan,   manfaat buah,   konsumsi buah saat hamil








Cover Maret 2020