Mother&Baby Indonesia
MB Fair 2013: Pentingnya Mengajarkan Kebersihan Sejak Dini

MB Fair 2013: Pentingnya Mengajarkan Kebersihan Sejak Dini

Anak-anak merupakan individu yang sedang berkembang dan senang mengeksplorasi dunia di sekelilingnya. Sehingga apapun yang ada di sekitar Si Kecil, pasti akan diraih dengan tangan dan dimasukkan ke mulut untuk memuaskan rasa ingin tahunya. "Hal itu membuat Si Kecil rentan terkena infeksi kuman. Penyebab lain yang juga membuat anak senang sekali memasukkan tangan dan benda-benda lain ke mulutnya adalah karena kemampuan oromotor dan motoriknya sedang berkembang pesat," jelas dr. Lula Kamal dalam acara Be Healthy and Be Fun di M&B Fair 2013. Untuk itu, orangtua harus bisa menjaga kebersihan tubuh Si Keci dengan baik agar ia terhindar serangan penyakit. Berikut beberapa tip yang disampaikan oleh dr. Lula mengenai cara menjaga kebersihan Si Kecil.

 

1. Ajak Si Kecil untuk selalu mencuci tangannya sebelum dan sesudah beraktivitas. Selain itu, perlengkapan makan dan minumnya juga harus dalam keadaan steril saat akan digunakan.




2. Cari dan gunakanlah pembersih perlengkapan makan dan minum yang aman bagi bayi, serta balita. Jadi bila sewaktu-waktu zat yang terkandung di dalamnya tidak sengaja tertelan, tetap aman dan tidak membahayakan Si Kecil.

 

3. Ganti pakaian Si Kecil minimal 2 kali sehari. Namun bila cuaca panas dan ia sering berkeringat, usahakan untuk selalu mengganti pakaiannya ketika sudah mulai lembap. 



 

4. Sisihkan benda-benda yang tidak layak untuk masuk mulut Si Kecil seperti kunci, sisa plastik, hingga benda-benda kecil yang bisa tertelan olehnya.

 

"Menjaga kebersihan Si Kecil sebaiknya dimulai sejak anak berusia 1-3 tahun, agar saat dewasa mereka terbiasa dengan pola hidup sehat,"  ujar dr. Lula seraya menutup talk show Be Healthy, Be Fun ini. (Gita/DC/Dok.M&B)



Tags: kesehatan,   bayi,   balita,   parenting,   motorik,   saraf