Mother&Baby Indonesia
Agar Si Kakak Sayang pada Adik Bayi

Agar Si Kakak Sayang pada Adik Bayi

Sebagian besar balita menganggap dunia hanya berputar di sekitarnya, sehingga dirinya begitu eksklusif dan istimewa. Baginya, cuma ia orang yang paling penting di dunia. Namun, saat adiknya lahir, segala perubahan mulai mengusiknya. Ia menyadari kalau perhatian Anda tidak lagi terpusat padanya. Hal inilah yang seringkali memicu hadirnya sibling rivalry atau persaingan antar saudara. Agar semua itu tidak terjadi, bantu ia untuk beradaptasi dengan Si Adik melalui cara-cara berikut ini.

 

1. Libatkan Si Kecil dalam semua proses kehamilam Anda. Ajak ia ikut melihat hasil USG janin adiknya di monitor dan luangkan waktu bersamanya untuk bermain, serta bercanda dengan 'perut gendut' Anda.



 

2. Belikan hadiah! Katakan padanya kalau hadiah itu dibawa oleh adik bayi yang baru lahir untuk kakaknya tercinta.




3. Buat balita Anda merasa spesial. Jadikan ia orang pertama yang boleh mengunjungi dan melihat adiknya di kamar bayi. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen itu.


4. Ketika Anda pulang ke rumah, minta Si Kakak untuk mengajak dan memperkenalkan kepada setiap sudut ruang di rumah kepada Si Adik. Ini akan membuatnya merasa penting dan bangga dengan perannya sebagai kakak.


5. Setiap hari, sediakan waktu spesial untuk Anda berduaan dengan Si Kakak. Lupakan dulu tugas Anda yang lainnya. Minta ayah untuk membantu menjaga adik bayi ketika Anda dan Si Kakak pergi atau melakukan kegiatan yang disukai berdua, seperti memberi makan ikan peliharaan atau duduk di sofa empuk sambil membaca buku cerita. (Aulia/DC/dok. M&B)



Tags: cara si kecil beradaptasi dengan adiknya,   sibling rivalry,   agar kakak tidak iri










Cover Mei-Juni-Juli 2020