Home - Bayi - Perawatan Bayi / 19 Agustus 2013 / Redaksi

Trik Membersihkan Kerak di Kulit Kepala Bayi

Sebagian besar new mom masih merasa takut saat membersihkan kulit kepala bayi. Padahal, di kulit kepala bayi terdapat sisa lapisan (venix) yang belum bersih atau biasa disebut cradle cap. Jika tidak segera dibersihkan, lapisan putih ini akan menempel dan mengendap, sehingga akhirnya mengeras dan menjadi kerak. Selain itu, sisa sampo yang kurang bersih juga dapat menimbulkan kerak.

 

Kulit kepala bayi juga memiliki kelenjar lemak yang dapat mengeluarkan minyak. Bila jarang dibersihkan, kotoran akan dengan mudah menempel di sana. Dalam waktu lama, kotoran ini akan menjadi kerak.



 



Untuk membersihkan kerak di kulit kepala bayi, Anda perlu berhati-hati agar Si Kecil tetap merasa nyaman. Berikut langkah-langkah dan tip untuk Anda diambil dari situs IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

1.Tuangkan baby oil secukupnya di telapak tangan Anda, lalu oleskan di kulit kepala Si Kecil sambil dipijat perlahan. Diamkan selama kira-kira 12  jam agar kerak di kulit kepala bayi melunak dan mudah dibersihkan.
2.Sisir perlahan rambut bayi dengan sisir tumpul, sambil mengangkat kerak yang sudah melunak.
3.Gunakan sisir dengan gigi rapat, untuk memudahkan Anda mengelupaskan kerak dari kulit kepala Si Kecil.
4.Keesokan harinya, bersihkan kepala bayi dengan air dan sampo secukupnya. Gosok-gosok rambut dan pijat kulit kepalanya dengan perlahan, untuk membantu mengangkat habis sisa kerak yang sudah terkelupas sebelumnya. Bilas sisa sampo hingga benar-benar bersih untuk mencegah timbulnya kerak baru.
5.Jangan memaksa melepaskan kerak saat kering, karena dapat melukai kulit kepala Si Kecil.(Aulia/OCH/doc.M&B)
 

 

 


OTHER ARTICLES

Nama Anak bisa Pengaruhi Kreativitas & Percaya Dirinya

Sebaiknya Waspada! Ini Bahaya Kabut Asap buat Ibu Hamil

Mata Balita Minus? Ini Penyebabnya, Moms

Nyeri saat Menyusui? Ketahui 7 Fakta Mastitis, Moms!

Teori-teori Tentang Parenting yang Tidak Ada di Buku