Mother&Baby Indonesia
Mendapat Bayi Kembar Lima Lewat Inseminasi

Mendapat Bayi Kembar Lima Lewat Inseminasi

Setelah heboh kelahiran bayi kembar 5, Selasa (20/08) lalu, banyak yang bertanya bagaimana seorang ibu bisa mendapatkan anak kembar lebih dari 2. Enita Fentrikana, 31, ternyata berhasil mendapatkan 5 bayi kembarnya melalui proses inseminasi. Informasi ini didapatkan dari dr. Gatot Abdulrrazak, Sp.OG, yang menangani Enita sejak ia dirawat di RSAB Harapan Kita.

 

Dokter Gatot menceritakan bahwa semua telur yang dibuahi saat proses inseminasi bisa tumbuh. Enita datang di UGD RSAB Harapan Kita pada 9 Agustus 2013 lalu, ketika usia kehamilannya menginjak 22 minggu. Saat itu, Enita sudah tidak lagi bisa bangun, karena beban yang dibawanya cukup besar, sementara tubuhnya sendiri kecil. Tim dokter Harapan Kita berusaha untuk menahan kelahiran selama mungkin. Dalam perjalanannya, Enita mengalami kontraksi cukup sering dan membuatnya mengalami pendarahan berulang kali. Bayi pun terpaksa dikeluarkan, setelah  plasentanya lepas pada Selasa pagi lalu dan menyebabkan tekanan darah Enita turun.



 



Pagi itu juga langsung dilakukan operasi Caesar untuk mengeluarkan 1 bayi perempuan dan 4 bayi laki-laki Enita ke dunia. Di hari kedua, satu bayi laki-laki tak bisa bertahan hidup, sementara keempat bayi lainnya masih dalam perawatan intensif di NICU RSAB Harapan Kita. Keadaan Enita kini sudah stabil. Ia sudah bisa melakukan mobilisasi dan bertemu dengan keempat bayinya. (Siksta/DC/Dok. M&B)



Tags: kembar lima lewat inseminasi










Cover April 2020