Mother&Baby Indonesia
8 Tanda Bayi Butuh Penanganan Medis

8 Tanda Bayi Butuh Penanganan Medis

Anda mungkin seringkali kesulitan menangani bayi Anda ketika ia sakit, dan mengetahui kapan ia perlu bantuan dokter. Untuk memudahkan Anda, berikut 8 tanda penyakit pada bayi di bawah usia 6 bulan, dan ciri-ciri umum saat ia harus dibawa ke dokter:

 



1. Demam

Demam bukanlah suatu penyakit, melainkan respons bayi terhadap penyakit, umumnya terhadap infeksi. Hubungi dokter jika bayi Anda berusia kurang dari 3 bulan dan memiliki suhu tubuh di atas 37 º C, atau jika bayi Anda berusia antara 3-6 bulan, dan memiliki suhu tubuh di atas 38 ºC. Anda juga perlu bantuan dokter jika demam disertai dengan gejala, seperti ruam, rasa tidak nyaman, nafsu makan berkurang, kesulitan bernapas, leher kaku, muntah, diare akut yang berlangsung lama, dehidrasi, dan lesu.

 

2. Dehidrasi

Dehidrasi bisa terjadi pada bayi saat demam, atau ketika bayi merasa kepanasan. Dehidrasi juga dapat disebabkan oleh frekuensi muntah atau diare yang terus-menerus. Gejala dehidrasi pada bayi, antara lain, mulut dan gusi yang kering, frekuensi buang air kecil menurun, serta bagian ubun-ubun di atas kepala bayi terlihat sedikit tenggelam. Jika bayi Anda mengalami gejala dehidrasi, segera hubungi dokter.

 

3. Diare

Diare memang umum terjadi pada bayi, tetapi Anda harus segera menghubungi dokter jika pada tinja Si Kecil terdapat darah atau warnanya kehitaman, buang air besar lebih dari 6 kali sehari, serta menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.

 

4. Muntah

Bayi memang kerap mengalami muntah atau 'gumoh'. Hal ini mungkin tidak terlalu serius jika terjadi hanya sekali atau 2 kali dalam sehari. Namun, jika hal itu terjadi lebih sering,  disertai dengan darah, atau berwarna kehijauan, segera periksakan bayi Anda ke dokter.

 



5. Kesulitan bernapas

Apa pun penyebabnya, jika Si Kecil tiba-tiba kesulitan bernapas, Anda perlu menghubungi dokter segera. Tanda-tanda kesulitan bernapas pada bayi, antara lain:


  • Napas bayi Anda terasa lebih cepat dari biasanya.
    Bagian di antara tulang rusuk, di atas tulang leher, atau di perut bagian atas terlihat tegang ketika bayi Anda menghirup napas.
    Kepala bayi Anda terlihat berayun-ayun.
    Bibir atau kulit bayi Anda terlihat kebiruan.


6. Kemerahan atau perdarahan

Jika pusar atau daerah vital bayi Anda berubah menjadi merah, atau mengalami perdarahan, hubungi dokter segera. Ini adalah tanda-tanda infeksi.

 

7. Ruam

Sama dengan muntah atau gumoh, ruam pada bayi umum terjadi. Namun, Anda perlu konsultasikan ke dokter apabila bercak ruam meluas, terutama pada wajah, dan ruam yang disertai dengan demam, perdarahan atau pembengkakan, serta infeksi.

 

8. Pilek

Pilek disebabkan oleh virus dan sangat umum pada bayi. Pilek biasanya berlangsung 1 atau 2 minggu, disertai demam dan nafsu makan yang menurun selama beberapa hari. Umumnya, pilek juga disertai batuk yang bisa bertahan selama 2-3 minggu. Segera hubungi dokter bila bayi Anda batuk tanpa henti dan disertai darah, muntah, serta gejala pilek berlangsung lebih dari 2 minggu. (Aulia/OCH/doc.M&B)
 



Tags: bayi butuh penangan medis,   tanda penyakit pada bayi,   bayi sakit










Cover Mei-Juni-Juli 2020