Mother&Baby Indonesia
Mencegah Anemia Saat Hamil

Mencegah Anemia Saat Hamil

Anemia bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Anemia pada bumil bisa menyebabkan kematian janin dalam kandungan, cacat bawaan, hingga berat badan lahir rendah (BBLR). Anda bisa mencegah anemia dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani yang kaya akan zat besi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi atas anjuran dokter. Namun bila Anda mendapati diri Anda kekurangan zat besi saat hamil, Anda bisa mecoba beberapa hal berikut:


1. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan kaya akan zat besi seperti susu, hati, ikan, atau makanan yang diperkaya dengan zat besi (iron fortified). Selain itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang membantu proses penyerapan zat besi seperti buah, daging ayam, dan ikan. Sebaiknya hindari makanan yang dapat mengganggu penyerapan zat besi, seperti kopi dan teh.






2. Cukupi istirahat Anda. Istirahat yang kurang akan membuat Anda semakin membutuhkan energi yang menghabiskan  zat besi secara berlebih.


3. Konsultasi ke dokter kandungan Anda tentang apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kadar zat besi Anda. Bila perlu minta suplemen makanan berupa tablet penambah zat besi. Biasanya bila kadar hemoglobin Anda kurang dari 11 gram, dokter akan memberikat sekitar 3 tablet suplemen makanan selama 90 hari masa kehamilan hingga 42 hari setelah melahirkan.(Gita/SR/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: zat besi,   hemoglobin,   anemia,   anemia hamil,   anemia saat hamil