Mother&Baby Indonesia
Susu Pengaruhi Kesuburan Pria

Susu Pengaruhi Kesuburan Pria

Susu merupakan sumber pangan bergizi tinggi dan kaya manfaat. Namun menurut studi dari Harvard School of Public Health, susu ternyata mampu menurunkan kesuburan pria bila dikonsumsi lebih dari 2 gelas sehari.  Mengapa demikian? 


Seperti dilansir Everydayhealth, penelitian mengungkapkan bahwa kualitas sperma menurun jika pria mengonsumsi 3 porsi susu sehari. Para ilmuwan Harvard menganalisa 189 pria sehat berusia antara 19 dan 25 tahun, yang berolahraga setidaknya 1 jam setiap minggu.

Para peneliti kemudian meminta mereka mengisi kuesioner, dan mencatat frekuensi konsumsi susu, buah, daging, dan makanan lainnya. Dan selanjutnya para peneliti menganalisis bentuk dan kecepatan sperma pada pria. Hasilnya ditemukan bahwa peserta yang makan lebih dari 3 porsi penuh lemak susu per hari mengalami penurunan 25 persen kualitas sperma dibandingkan mereka yang kurang mengonsumsi susu kurang dari 2 gelas sehari.






Para peneliti percaya bahwa penyebab penurunan kualitas sperma itu karena adanya estrogen atau hormon wanita, yang secara alami terkandung di dalam susu sapi. Wah.  (Gita/SR/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: susu,   fertilitas,   estrogen,   sperma,   pria










Cover Mei-Juni-Juli 2020