Mother&Baby Indonesia
Ikan Menurunkan Risiko Peradangan Sendi

Ikan Menurunkan Risiko Peradangan Sendi

Beruntunglah bagi Anda yang gemar mengonsumsi ikan! Sebuah studi menemukan, makan ikan berlemak, seperti salmon atau makarel setidaknya sekali dalam seminggu, dapat mengurangi risiko rheumatoid arthritis atau penyakit peradangan kronis yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada sendi hingga 52 persen.

 

Manfaat yang sama juga ditemukan pada 4 porsi ikan cod dalam seminggu. Dan, memakan 1 porsi ikan apapun setiap minggu selama 10 tahun, dapat memangkas risiko peradangan sendi, dibandingkan mereka yang tidak. Penelitian di Swedia yang diterbitkan dalam Annals of the Rheumatic Diseases menyatakan, memasuki usia paruh baya, wanita akan lebih rentan terkena risiko rheumatoid arthritis.



 



Sementara, para peneliti dari Institute of Environmental Medicine di Stockholm menemukan wanita yang rajin mengonsumsi omega-3 tinggi secara konsisten, memiliki risiko 52 persen lebih rendah terkena penyakit ini. Asam lemak omega-3 tersebut disinyalir dapat me-nonaktifkan respon tubuh terhadap peradangan sendi tersebut. Sumber terbaik asam lemak omega-3 bisa didapat dari ikan seperti makarel, salmon, sarden, atau ikan trout.  (Aulia/DC/courtesy: Daily Mail)



Tags: peradangan sendi,   terhindar dari peradangan sendi,   manfaat ikan,  








Cover Maret 2020