Mother&Baby Indonesia
Olahraga Singkat dan Rutin, Bantu Turunkan Berat Badan

Olahraga Singkat dan Rutin, Bantu Turunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal dan bebas dari kegemukan merupakan impian banyak orang. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan berolahraga singkat namun dilakukan secara rutin dengan intensitas tinggi. Ya, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Obesity, hal tersebut efektif mengurangi nafsu makan, dan cukup membakar kalori serta lemak hingga 24 jam setelah berolahraga. Hal itu juga dinilai lebih baik dibanding 30 menit olahraga terus-menerus dalam intensitas sedang.

 

Para peneliti menyimpulkan bahwa efek penekan nafsu makan disebabkan oleh  tingkat ghrelin, yakni hormon pengatur nafsu makan. Ketua tim peneliti sekaligus pakar gizi asal Amerika Serikat, JJ Virgin, Ph.D mengatakan, “Jenis olahraga singkat dengan intesitas tinggi tidak hanya menekan nafsu makan, tetapi juga membakar lemak dan meningkatkan metabolisme hanya dalam hitungan menit dalam sehari.”



 



Ia juga menambahkan, dengan melakukan olahraga singkat dengan intensitas tinggi, membuat tubuh Anda bekerja untuk mendapatkan oksigen, “Hal tersebutlah yang membakar lebih banyak kalori tubuh,” ungkap Prof. Virgin. (Gita/OCH/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: kegemukan,   olahraga,   turun berat badan,   menekan nafsu makan,   nafsu makan tinggi










Cover Mei-Juni-Juli 2020