Mother&Baby Indonesia
Jaga Kesehatan Organ Reproduksi Anda

Jaga Kesehatan Organ Reproduksi Anda

Memelihara kebersihan organ reproduksi Anda untuk mencegah infeksi, perlu dilakukan agar Anda terhindar dari penyakit dan masalah lainnya. Untuk mencegahnya, berikut tip yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan air bersih untuk membersihkan vagina setelah buang air kecil maupun besar. Bilas area vagina dari depan ke belakang agar terhindar dari kontaminasi kuman di anus.


2. Upayakan daerah sekitar vagina dan selangkangan tetap kering. Kondisi yang lembap akan menarik datangnya jamur dan bisa menimbulkan gangguan pada organ reproduksi Anda.




3. Lakukan perawatan terhadap rambut yang tumbuh di area vagina. Pendekkan dan rapikan rambut di sekitar vagina dengan menggunakan gunting, dan jangan dicabut karena akan menimbulkan lubang.


4. Jagalah kebersihan pakaian dalam Anda. Ganti celana dalam 2-3 kali sehari, dan pilih bahan celana dalam yang mudah menyerap keringat, untuk mencegah kelembapan dan datangnya jamur. Hindari untuk saling bertukar pakaian dalam dengan orang lain.



5. Ganti pembalut sesering mungkin saat mensturasi. Usahakan untuk mengganti setiap 4 jam sekali, 2-3 kali sehari atau saat sudah merasa tidak nyaman. Jangan lupa bersihkan daerah kewanitaan Anda ketika mengganti pembalut.

6. Untuk penderita infeksi jamur, cucilah celana dalam dengan cara yang tepat. Jamur hanya bisa dimatikan dengan panas tinggi.


7. Jaga daya tahan tubuh secara umum dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Lakukan olahraga secara teratur dan berikan asupan multivitamin unutk meningkatkan asiditas sekresi vagina. (Gita/OCH/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: kesehatan,   organ intim,   kebersihan vagina,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020