Mother&Baby Indonesia
Tip Mengatasi Si Kecil yang Pemalu

Tip Mengatasi Si Kecil yang Pemalu

Ada banyak faktor yang memengaruhi sifat pemalu Si Kecil, antara lain bawaan lahir, perkembangan anak itu sendiri, dan pengaruh lingkungan. Namun, apa pun yang melatarbelakangi sifat itu, Anda tetap bisa melakukan sesuatu untuk membantu mengatasinya. Berikut beberapa tip yang bisa Anda lakukan kepada Si Kecil.

 

1. Cobalah mengerti akan kesulitannya. Tunjukkan sikap positif dengan kata-kata motivasi, seperti “Mama mengerti, kamu tidak suka bertemu teman-teman baru. Tetapi kalau kamu sudah mengenal mereka, kamu pasti akan senang bermain bersama mereka.”



 

2. Jangan memojokkan Si Kecil atas sifat pemalunya. Pahamilah apa yang ia rasakan tanpa penilaian negatif. Memberikan kesan kepada Si Kecil bahwa ada sesuatu yang salah dengan dirinya, hanya akan membuat situasi semakin merasa buruk. Ia pun akan semakin bertahan dengan sifat pemalunya.

 

3.  Libatkan diri Anda untuk menemani Si Kecil mencari teman dan bermain bersama, hingga ia lupa akan rasa malunya. Ajarkan pula tentang cara bersosialisasi yang baik, seperti melakukan kontak mata saat berbicara dengan orang lain, berjabat tangan, tersenyum, menanggapi pembicaraan dengan sopan, dan memperkenalkan diri kepada anak lain.

 



4. Berikan Si Kecil lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan anak lain, agar melatih keterampilan sosialnya. Sampaikan pujian bila ia menunjukkan sikap berusaha berteman dan mampu mengatasi rasa malunya.

 

5. Sertakan ia dalam kursus atau kelompok kegiatan yang disukainya. Misalnya, masukkan Si Kecil ke dalam sanggar gambar jika ia suka menggambar, karena akan lebih mudah baginya untuk berteman dalam lingkungan yang memiliki hobi sama.

 

6. Akan lebih mudah bagi Si Kecil untuk belajar mengatasi sifat pemalunya, dengan melihat dan mencontoh perilaku orangtuanya. Itu berarti, Anda juga harus bersikap ramah pada orang asing atau tidak sungkan menawarkan bantuan kepadanya. (Aulia/DC/dok. M&B)



Tags: mengatasi anak pemalu,   bila si kecil pemalu,   agar si kecil tidak pemalu