Home - Bayi - Berita Tentang Bayi / 18 Juli 2013 / Redaksi

Tip Membersihkan Alat Kelamin Bayi

Seperti layaknya orang dewasa, alat kelamin bayi yang baru lahir juga perlu dijaga. Saat memandikannya, perhatikan pula kebersihan alat kelaminnya, mengingat banyak sekali kuman penyebab penyakit yang terdapat disekitarnya.

 

Merawat alat kelamin bayi laki-laki dan bayi perempuan tentu tidak sama. Ada beberapa hal yang berbeda. Simak tip M&B berikut ini untuk membersihkan alat kelamin bayi Anda.



 

Untuk Bayi  Laki-laki:
Hindari mandi berendam air sabun, karena ini dapat mengiritasi jaringan kulit penutup penis dan membuatnya kering. Ketika memandikannya, jangan berusaha menarik kulit penutup penis. Kulit tersebut memang belum terpisah dari penis sampai usia bayi beberapa bulan atau tahun. Kalau bayi Anda sudah disunat, Anda perlu membersihkan penisnya dengan air dan sabun.



 

Untuk Bayi Perempuan:
Usap area vagina Si Kecil dengan menggunakan lap basah. Lakukan dengan arah gerakan dari bagian depan ke belakang, untuk menghindari bakteri atau kotoran dari anus terusap ke arah vagina. Mungkin Anda akan menjumpai daerah kemaluannya agak bengkak dan berwarna kemerahan, lendir berwarna keputihan, ataupun sedikit berdarah. Kondisi ini normal untuk 2 minggu pertama usia bayi, karena pengaruh hormon maternal selama kehamilan. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

 

 


OTHER ARTICLES

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bayi Kena Heatstroke, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing?

Kembali Bekerja Usai Melahirkan, Lakukan Ini, Moms

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D saat Hamil?