Mother&Baby Indonesia
Atasi Mata Lengket pada Bayi

Atasi Mata Lengket pada Bayi

Pernahkah Anda menjumpai Si Kecil yang tampak sulit membuka matanya akibat kotoran di sekitar matanya? Orang awam biasa menyebut kondisi ini dengan mata lengket saat kedua mata bayi mengeluarkan kotoran berwarna kekuningan atau krem. Hal ini disebabkan oleh kelainan anatomi atau infeksi saat persalinan akibat kontaminasi bakteri pada jalan lahir. Selain itu, faktor kurangnya kebersihan, juga bisa menjadi pemicu.

 

Mata lengket akibat kelainan anatomi biasanya ditandai dengan keluarnya air, kotoran, dan belek. Ini disebabkan karena ada sumbatan di saluran penghubung kantong air mata dengan rongga hidung yang menyebabkan terhambatnya penyaluran air mata di sekitar kelopak mata dalam ke bagian hidung.



 

Sementara mata lengket akibat infeksi persalinan biasanya diterima bayi dari kuman penyakit Si Ibu. Pada kasus yang parah, infeksi mata ini dapat menyebabkan radang selaput mata, bahkan kebutaan. Gejala mata lengket akibat infeksi ini memang tidak jauh berbeda dengan kelainan anatomi, bahkan hingga mengeluarkan nanah.



 

Untuk mengatasinya, Anda dapat menyeka mata bayi dengan air matang yang sejuk. Cucilah tangan Anda terlebih dahulu, kemudian ambillah sepotong kapas yang bersih, celupkan dalam air, dan seka kedua mata secara bergantian, mulai bagian dalam hingga ke ujung luar. Anda pun dapat menggunakan ASI bila Anda menyusui, karena ASI mengandung antibodi 'mujarab' yang dapat mengatasi infeksi ini. Bersihkan mata secara teratur. Jika sudah rutin dibersihkan, tapi tidak kunjung teratasi, Anda perlu mengonsultasikan gangguan ini segera kepada dokter. (Aulia/DMO/Dok. M&B)



Tags: mata lengket pada bayi,   belekan pada bayi,