Mother&Baby Indonesia
Perasaan Bumil Pengaruhi Janin

Perasaan Bumil Pengaruhi Janin

Tahukah Anda bahwa perilaku Anda sehari-hari sangat berpengaruh terhadap karakter Si Kecil sejak masih di dalam rahim? Lanny Kuswandi, pakar hypnobirthing, mengatakan, anak dapat merasakan apa yang dirasakan orangtuanya sejak ia masih berada dalam kandungan hingga berusia 7 tahun.

 

Apa yang dirasakan oleh Sang Ibu ternyata juga dirasakan oleh janinnya. Bila Anda mengalami tekanan yang mengarah pada depresi, maka calon bayi Anda juga mengalaminya. Misalnya, Anda bertengkar dengan pasangan Anda, calon bayi Anda pun dapat mengetahuinya, juga ketika terjadi sebuah kehamilan yang tidak diinginkan, Anda bisa membayangkan apa yang dirasakan oleh janin.



 

“Seorang calon ibu yang selama kehamilannya tenang, biasanya memiliki bayi yang juga tenang, mudah ditidurkan, dan memiliki kontak batin yang kuat dengan Sang Ibu. Hal itu sudah dibuktikan oleh banyak bumil yang sedang menjalani teknik rileksasi,” ujar Lanny.



 

Tak berlebihan jika perasaan pasangan sudah terjalin sejak sel telur dan sel sperma bertemu hingga menjadi janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Apalagi jika ditilik dari kata "rahim" yang berarti 'kasih' dalam bahasa Arab. Jadi tentu, sejak dalam kandungan, sudah sepatutnya janin dirawat dengan penuh kasih oleh kedua orangtuanya. (Gita/DMO/Dok. M&B)



Tags: karakter anak,   kehamilan,   bonding,   perasaan bumil,   ibu dan janin,   ikatan batin ibu dan janin








Cover Maret 2020