Mother&Baby Indonesia
8 Fakta Unik Trimester Akhir Kehamilan

8 Fakta Unik Trimester Akhir Kehamilan

Banyak bumil mengakui, trimester ke-3 merupakan masa terindah saat hamil, karena interaksi ibu dan janin semakin meningkat. Gerakan-gerakan janin di dalam perut ibu pun menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Sebelum Anda berjumpa dengan Si Kecil, simaklah 8 fakta unik di kehamilan trimester akhir berikut ini.

 





  1. Tahukah Anda bahwa janin Anda minum dan buang air melalui ketuban yang kemudian 'dibersihkan' secara alami setiap 3 jam? Oleh karena itu, cukupi konsumsi air mineral Anda agar kondisi rahim tetap segar bagi Si Janin.
  2. Di usia 27 minggu, calon bayi sudah mampu membuka mata dan mulai bisa menangkap cahaya samar-samar.
  3. Di usia kehamilan 35 minggu, calon bayi Anda berbaring vertikal dalam rahim, baik kepala di bawah (cephalic) atau kaki di bawah (sungsang). Selain itu, kadang calon bayi pun dalam posisi horizontal dan oblique (melintang atau miring) yang menyulitkan proses persalinan. Namun, posisinya masih dapat berubah. Data menunjukkan, posisi calon bayi di kehamilan 40 minggu adalah 95 persen cephalic, 4 persen sungsang, dan hanya 1 persen yang melintang atau miring.
  4. Bila Anda melahirkan di usia kandungan 35 minggu, kesempatan Si Kecil hidup sebesar 99 persen.
  5. Di usia kehamilan 32-35 minggu, berat badan calon bayi Anda akan bertambah sekitar 250 gram setiap minggunya.
  6. Di usia kehamilan 32 minggu, calon bayi Anda sudah mulai bisa bermimpi. Sistem pendengarannya mulai meningkat, sehingga Anda pun bisa sering berbicara dengannya.
  7. Pada minggu ke-40 kehamilan, ukuran plasenta Anda setara dengan piring makan besar dengan tebal 2-3 cm dan berat sekitar 650 gram. Ukuran rahim pun 500-1.000 kali lebih besar dibandingkan ukuran normal.
  8. Hanya 5 persen bayi di dunia yang dilahirkan sesuai dengan prediksi dokter. (Gita/DMO)



Tags: trimester ketiga,   kehamilan,   ketuban,   kehamilan trimester akhir,   fakta kehamilan