Mother&Baby Indonesia
Makanan Pemicu Asam Lambung

Makanan Pemicu Asam Lambung

Siapa tak pernah terserang penyakit maag? Ya, jenis penyakit yang satu ini dialami banyak orang, mungkin juga Anda. Gangguan yang disebabkan peningkatan kadar asam lambung (HCl) ini dapat dipicu oleh beberapa faktor. Di antaranya, pola makan yang tidak teratur, stres, hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

 

Beberapa jenis makanan dilaporkan dapat memperparah kondisi refluks asam di dalam lambung. Jadi, berhati-hatilah memilih menu sahur dan buka puasa Anda setiap hari. Berikut beberapa jenis makanan yang perlu dihindari bagi Anda yang memiliki asam lambung tinggi.



 

1. Makanan berlemak (fast food)
Jenis makanan ini lebih sulit dicerna. Akibatnya, lemak akan mengendap dalam waktu yang lebih lama di dalam lambung Anda. Hal ini yang memperburuk tekanan, sehingga berpotensi meningkatkan asam di dalam lambung.

2. Tomat
Tomat dan produk turunannya memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Aneka jenis jeruk dan buah beri termasuk dalam kategori jenis makanan ini. Jadi, waspadai konsumsinya!

3. Kafein
Kopi, teh, dan minuman bersoda memiliki kandungan kafein yang juga dapat meningkatkan produksi asam dalam lambung Anda. Perhatikan berapa banyak jumlah asupan kafein yang Anda konsumsi secara teratur.



4. Cokelat
Cokelat mengandung senyawa alami yang disebut teobromin, yang memiliki efek yang sama seperti kafein. Senyawa ini juga memiliki efek rileksasi pada otot perut, sehingga meningkatkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Namun, Anda masih bisa mengonsumsi cokelat sesekali dengan membatasi porsinya.

5. Alkohol
Sudah pasti alkohol menjadi pemicu utama yang meningkatkan asam lambung Anda! Karenanya, batasilah asupan segala jenis minuman yang mengandung alkohol, termasuk bir, anggur, dan minuman keras sejenis.

6. Produk olahan susu
Susu memang baik untuk kesehatan tulang. Namun, produk dengan olahan susu, seperti es krim dan keju, ternyata juga dapat memperburuk refluks asam, terlebih saat Anda mengonsumsinya setelah makan. Ini disebabkan oleh kandungan lemak dan asam yang terdapat di dalam susu. Namun, sebagian produk susu rendah lemak akan aman bagi lambung Anda.

7. Makanan pedas
Di balik rasanya yang dapat membangkitkan selera makan, ternyata makanan bercita rasa pedas dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung. Mengapa? Rasa rempah-rempah yang terdapat dalam makanan pedas dilaporkan memiliki kadar asam tinggi, sama seperti lambung Anda. Selain itu, jenis makanan dengan cita rasa bumbu yang tajam juga memiliki efek yang sama seperti makanan pedas.

(Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: makanan pemicu asam lambung,   refluks,   hindari makanan penyebab maag,   asam lambung








Cover Maret 2020