Mother&Baby Indonesia
Kurma, Manis dan Bermanfaat

Kurma, Manis dan Bermanfaat

Tidak hanya manis untuk hidangan berbuka puasa, buah kurma ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang kerap dijadikan ikon bulan Ramadan ini memiliki kandungan zat besi dan fluor yang tinggi, disamping kaya vitamin. Kurma juga mengandung lemak yang sangat rendah. Mengonsumsi kurma secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol 'jahat' (LDL) dan menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut beberapa manfaat lain yang bisa didapat dari buah manis khas negeri Arab tersebut.



 

1.  Kurma merupakan sumber buah yang kaya protein, serat, serta vitamin A, C, B1, B2, B3, dan B5. Kurma bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan, karena mengandung serat larut dan tidak larut, serta berbagai jenis asam amino.

2.  Kurma merupakan penguat energi yang besar, karena mengandung gula alami, seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa. Menambahkan susu pada sajian kurma juga bisa menjadikannya makanan ringan yang sangat bergizi.

3.  Kurma kaya akan kalium dan natrium yang dapat membantu mengatur kesehatan sistem saraf. Penelitian telah membuktikan bahwa asupan kalium dalam kurma pada kadar tertentu, dapat mengurangi risiko stroke.



4.  Kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga sangat berguna dalam mengobati anemia. Selain itu, kandungan fluor di dalamnya juga dapat menghambat proses kerusakan gigi.

5.  Kurma dapat membantu seseorang yang memiliki masalah dengan penurunan berat badan. Kurma juga sangat baik untuk orang yang mabuk alkohol.

6.  Kurma merupakan cara alami dalam menyembuhkan kanker lambung yang tidak memiliki efek samping pada tubuh, serta bekerja lebih baik daripada obat-obatan. Buah manis ini ternyata juga membantu meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata.

 

Jangan lupa untuk mencuci kurma dengan benar terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya, karena debu sangat mudah menempel pada buah ini. Anda pun dapat membeli kurma yang sudah dikemas dan diproses secara benar. Meski banyak manfaat, kita juga perlu memilih kualitas kurma yang tepat. (Aulia/DMO/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: manfaat buah kurma,   buka puasa dengan kurma,   hidangan kurma,   kurma manis,   manfaat kurma