Mother&Baby Indonesia
Manfaat Konsumsi Cokelat

Manfaat Konsumsi Cokelat

Jika Anda seorang penggemar cokelat, Anda mungkin akan kegirangan mendengar kabar baik  ini. Sebuah penelitian melaporkan bahwa orang yang hobi mengonsumsi cokelat ternyata memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

 



Hadiah favorit saat perayaan Valentine ini ternyata juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, di antaranya:

1.  Mengurangi Risiko Stroke
Sebuah studi kecil di Swedia pada 2011, menemukan bahwa wanita yang makan lebih dari 45 gram cokelat per minggu memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena serangan stroke.



2.  Meningkatkan Kesehatan Jantung
Selain menurunkan tekanan darah, konsumsi cokelat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung.  Itulah sebabnya, dark chocolate sangat sehat bagi jantung, karena memiliki sifat melawan peradangan yang mengurangi risiko kardiovaskular ini.

3.  Lebih Mengenyangkan
Karena kaya serat, dark chocolate dapat membantu Anda tetap kenyang, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Menurut sebuah studi di University of Copenhagen, dark chocolate ini bahkan dapat mengurangi keinginan untuk terus mengonsumsi makanan manis, asin, dan berlemak.

4.  Mengurangi Risiko Diabetes
Sebuah studi di Italia pada 2005 menemukan, jika seseorang secara teratur mengonsumsi cokelat, maka sensitivitas insulinnya dapat meningkat, sehingga mengurangi risiko diabetes.

5.  Menyehatkan Kulit
Dark chocolate sebenarnya baik untuk kulit Anda. Jenis antioksidan yang disebut flavonoid, yang ditemukan dalam jenis cokelat ini, memberikan beberapa perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Meskipun begitu, Anda tetap membutuhkan tabir surya.

6.  Meningkatkan Mood
Tidak ada yang menyangkal bahwa konsumsi makanan manis dapat memengaruhi suasana hati, termasuk cokelat. Menikmati makanan ini merupakan bagian dari menikmati hidup. Para pengonsumsi cokelat juga mengakui bahwa tingkat stresnya menjadi berkurang setelah makan cokelat.

7.  Meningkatkan Aliran Darah
Cokelat memiliki kandungan aktif yang dapat mengencerkan darah dan dapat melancarkan sirkulasi darah, khususnya aliran ke otak. Para peneliti di University of Reading mengungkapkan bahwa konsumsi cokelat juga dapat meningkatkan aliran darah ke retina, sehingga dapat meningkatkan kemampuan visual. (Aulia/DMO)



Tags: kandungan cokelat,   manfaat cokelat,   cokelat mengurangi risiko stres,   konsumsi cokelat,   dark chocolat