Mother&Baby Indonesia
Gaya Hidup yang Memengaruhi Kesehatan Anda

Gaya Hidup yang Memengaruhi Kesehatan Anda

Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan yang ternyata dapat merusak kualitas kesehatan Anda. Penyebabnya antara lain tren dan gaya hidup yang semakin modern, seperti berikut ini:

 



1. Memakai high heels terlalu lama
Sepatu dengan tumit tinggi (high heels) merupakan aksesoris wajib untuk mempercantik penampilan wanita. Tetapi, waktu penggunaan dan tingginya hak harus diperhatikan. Penggunaan high heels terlalu lama bisa memengaruhi postur tubuh dan menyebabkan arthritis, jari kaki berbentuk seperti palu, nyeri punggung, serta cedera tendon. Maka, jangan kenakan high heels terlalu lama, apalagi kalau Anda sudah merasa tidak nyaman.

 

2. Membawa banyak barang dalam tas
Kebanyakan orang tak sadar akan beban yang mereka topang dalam tas. Alhasil saat bersantai di akhir pekan, Anda sering merasakan sakit pundak dan kaku pada leher. Tekanan pada punggung atau pundak itu bisa menyebabkan postur tubuh berubah. Oleh karena itu, bawalah barang seperlunya saat bekerja dan beraktivitas, agar kesehatan pundak tidak terganggu.



 

3. Tidur dengan make up
Membersihkan make up mungkin menjadi hal yang paling malas Anda lakukan, apalagi kalau sedang lelah. Sehingga, Anda pun tidur dengan hiasan make up yang masih menempel di wajah hingga pagi. Hal tersebut tentu akan menyebabkan banyak masalah di kulit wajah, seperti penumpukan bakteri pada pori kulit yang menyebabkan infeksi, hingga menyumbat keringat yang keluar dan akhirnya menimbulkan komedo.

 

4. Ukuran bra tidak pas
Sebanyak 70 persen wanita menggunakan ukuran bra yang tidak pas. Banyak dari mereka menggunakan ukuran bra yang lebih kecil untuk menonjolkan keindahan payudaranya. Padahal, keadaan tersebut bisa membuat Anda merasa sesak napas dan nyeri punggung. Selain itu, cup yang tidak pas bisa membuat iritasi pada kulit payudara.

 

5. Makan saat emosi
Stres merupakan salah satu pemicu perubahan pola makan. Sebagian orang menyantap banyak makanan berkarbohidrat tinggi untuk meredakan emosi mereka. Untungnya, olahraga juga merupakan salah satu cara jitu untuk menghilangkan stres Anda. Jadi setelah banyak makan, jangan lupa berolahraga, ya!

 

6. Bergadang
Bergadang membuat Anda kekurangan waktu istirahat. Hal itu kemudian menyebabkan banyak masalah, dari mulai darah tinggi, kesehatan kulit yang buruk, hingga kecelakaan saat berkendara. Penelitian terbaru dari The University of Michigan mengatakan wanita yang kurang istirahat akan lebih mudah terkena penyakit psikologi dan fisik dibanding pria. (Gita/DC/Dok.Freedigitalphotos)



Tags: lifestyle,   kebiasaan buruk