Home - Keluarga - Berita Selebriti / 22 Juli 2013 / Redaksi

Ariyo Wahab, Semangat Dubbing Demi Anak

Cita-cita penyanyi sekaligus pemain film Ariyo Wahab untuk menjadi salah satu dubber atau pengisi suara, kini terwujud. Ia ditawari oleh perwakilan HBO Indonesia untuk mengisi suara salah satu tokoh kartun di film Madagaskar 3: Europe's Most Wanted, yang akan ditayangkan saat Hari Raya Idul Fitri nanti. “Wah, itu sebenarnya adalah keinginan anak-anak saya agar saya bisa menjadi salah satu dubber di film kartun. Kini, hal itu terwujud,” ungkap bapak 3 anak ini.

 

Saat diwawancarai, ia juga mengaku bahwa sebenarnya ia ingin sekali jika suatu hari nanti dapat menjadi dubber di film animasi yang dibuat oleh kaum muda Indonesia. Mengapa? Menurutnya, mengisi suara film luar negeri memiliki tantangan sendiri dalam segi bahasa dan intonasi nada. Bila Si Dubber tidak pandai menyesuaikan pola bahasa dan budaya, maka akan memengaruhi pola cerita dan isi dari pesan yang disampaikan.



 

“Bahasa Indonesia secara verbal bila digunakan terlalu baku untuk dubbing akan terdengar tidak lucu untuk film animasi dari luar negeri. Karenanya, Indonesia sebenarnya punya potensi yang besar untuk film animasi yang berkualitas. Memang membuat film animasi itu menghabiskan biaya besar, tapi melihat potensi pasar anak-anak Indonesia yang kian kritis, sebaiknya para produsen film punya pandangan yang baik soal hal itu,” komentar Ariyo.



 

Setelah menjadi dubber, kini ia semakin intens mendongeng cerita-cerita dengan mimik dan suara unik kepada ketiga buah hatinya. Saat ditanya soal tip mendongeng, ia pun mengatakan, sebaiknya para orangtua mendongeng hal-hal yang sesuai dengan bakat dan minat anak. “Anak itu punya karakter yang berbeda, karenanya, pilihlah cerita yang sesuai dengan karakter anak. Jadi, Anda tidak perlu merasa kesulitan mencari cerita yang baik,” tambah Ariyo. (Gita/DMO/Dok. M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Daddy's Little Girl

Widi Mulia Ajarkan Anak Berpuasa

Sandhy Sondoro, Lewatkan Ramadan Bersama Anak

OTHER ARTICLES

Market & Museum - Letter To Jully

Hari Anak Nasional: Sudahkah Kita Penuhi 10 Hak Anak?

Yuk Moms, Kenali Karakter Anak Berdasarkan Zodiak! (2)

Keluarga Baru Jakarta Aquarium

Oligohidramnion, Kondisi Cairan Ketuban Terlalu Sedikit