Home - Keluarga - Informasi Untuk Ayah / 19 Juli 2013 / Redaksi

Menguatkan Bonding Ayah dan Anak

Para ayah seringkali merasa hubungannya dengan Si Kecil kurang akrab dan dekat, karena kesibukan mereka yang begitu padat. Apakah Anda termasuk salah satunya? Untuk mengatasinya, coba cara berikut ini.

 

1. Jangan pernah berpikir bahwa tugas Anda hanyalah memberi nafkah, sebab Si kecil juga membutuhkan sosok ayah yang melindungi dan berwibawa. Dengan mengetahui besarnya peran Anda dalam perkembangan karakter Si Kecil, Anda pasti tidak akan rela melewatkan waktu bersamanya.



 

2. Jangan ragu untuk terlibat mengurus Si Kecil bersama istri Anda. Para ibu umumnya memang lebih telaten dalam merawat anak, tapi bukan berarti Anda boleh menyerah. Semakin Anda takut atau enggan merawat Si Kecil, ikatan Anda dengannya pun akan semakin jauh.

 



3. Sediakan "daddy's time" setidaknya 1 jam setiap harinya. Gunakan waktu ini untuk berduaan dengan Si kecil tanpa gangguan. Anda bisa pilih sendiri aktivitasnya dan ciptakan kesan bahwa Anda orang tua yang menyenangkan.

 

4. Bersikaplah kompak dengan istri. Bila istri melarangnya melakukan sesuatu, jangan membela Si Kecil hanya karena Anda ingin terlihat seperti 'malaikat penolong'. Jika ada perbedaan pendapat, diskusikan saat Anda hanya berdua dengan istri. Dengan begini, anak akan melihat bahwa Anda dan istri adalah 1 tim yang kompak.  (Gita/DC/Dok.M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Mengenal Couvade Syndrome Pada Calon Ayah

Sejarah Hari Ayah

Mengatasi Baby Blues

OTHER ARTICLES

Tips Memilih dan Mengonsumsi Susu UHT yang Aman

Ini Alasan Bayi Baru Lahir Jangan Langsung Dimandikan

Rekomendasi 4 Area Glamping untuk Keluarga

5 Pelajaran Penting untuk Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Bulu-Bulu Halus pada Tubuh Bayi Baru Lahir, Apa Itu?