Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 18 Juli 2013 / Redaksi

Intip Pikiran Bayi Usia 0-3 Bulan

Pada usia 0-3 bulan, bayi memang belum bisa bicara, namun ia sudah memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Awalnya, ia mungkin terkejut dengan segala yang dilihatnya dan mulai belajar beradaptasi. Seiring berjalannya waktu, ia pun akan semakin terbiasa dengan kehidupan barunya di luar rahim.

 

Mengingat Anda adalah orang pertama yang dikenal Si Bayi, sekaligus paling sering bersamanya, maka ia akan merasa aman jika berada di dekat Anda. Ini terlihat dari genggamannya saat Anda menyentuh tangan mungilnya. Gerak ini refleks dilakukan sebagai tanda bahwa ia merasa nyaman bersama Anda. Bayi juga mulai berkomunikasi dengan Anda melalui tangisannya. Menangis adalah cara bayi menyampaikan kepada Anda kalau ia membutuhkan sesuatu. Untuk itu, Anda perlu mengenali arti dari masing-masing tangisannya.



 



Saat usianya 2 bulan, bayi akan belajar mengenali wajah orang lain yang berada di sekitarnya. Semakin banyak wajah-wajah asing, ia akan semakin tertarik untuk mengenalinya. Perlu diketahui, bayi umumnya lebih tertarik pada wajah yang bersuara. Itulah sebabnya, ia selalu menolehkan kepala saat mendengar suara dan melihat wajah baru di dekatnya. Ia juga sudah mampu mengenali dan membedakan suara Anda dengan orang lain. (Aulia/DC/doc.M&B)
 

 

 


RELATED ARTICLE

Bermain dengan Bayi usia 3-6 Bulan

Pertumbuhan Gigi Bayi Usia 6-9 Bulan

Ikatan Cinta Anda dan Bayi 0-3 Bulan

OTHER ARTICLES

Belanja Seru dan Berburu Ilmu di M&B Fair 2019 Makassar

Berbagi Ilmu dan Keceriaan di Mother&Baby Fair Makassar

Momo Market " Future Culture"

Awas, TBC Bisa Mengancam Balita Anda, Moms!

4 Hal yang Ganggu Rutinitas Bayi dan Cara Mengatasinya