Home - Bayi - Tumbuh Kembang Bayi / 5 Juli 2013 / Redaksi

Bermain dengan Bayi usia 3-6 Bulan

Pertumbuhan bayi sangat cepat. Selama 6 bulan pertama, Anda pasti akan takjub melihat kemampuan barunya. Ia dapat menemukan jari kaki dan tangannya, sudah bisa menggapai dan meraih sesuatu, mampu menegakkan kepala, serta melihat ke sekeliling. Ia bahkan dapat berguling dari satu sisi ke sisi yang lain dan berkomunikasi lewat beragam tangisan, serta bunyi.

 

Untuk mendukung perkembangan tersebut, Anda bisa menstimulasi kemampuannya dengan berbagai permainan. Stimulasi tersebut juga akan membantu Anda untuk mempelajari sisi emosionalnya. Beberapa bayi senang melonjak-lonjak dan bermain tanpa henti, sementara lainnya lebih tenang dan tampak nyaman dengan kesunyian di sekelilingnya. Ada pula bayi yang menikmati kehebohan di tengah keluarga, sedangkan yang lain mungkin merasa stimulasi berlebihan hanya membuatnya lelah, sehingga mudah sekali rewel.



 



Bermain dengan bayi sangat penting untuk menguatkan ikatan antara bayi dan keluarganya, terutama Anda. Jangan lupa untuk mempelajari waktu yang ia sukai untuk bermain. Di masa ini, biasanya bayi juga menyukai musik, irama, dan suara. Coba ajak ia bermain cilukba dan buatlah permainan sederhana lainnya agar Anda semakin mengenal satu sama lain. (Aulia/DC/doc.M&B)

 

 


OTHER ARTICLES

Manfaat Pelukan untuk Anak & 5 Gaya Pelukan Seru!

8 Rahasia Hidup Bahagia yang Perlu Anda Terapkan

Moms, Ini Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar

Hal-Hal Memalukan yang Dialami saat Anda sedang Hamil

Hati-Hati! Orang Dewasa Juga Bisa Kena Cacar Air, Lho