Mother&Baby Indonesia
Mengenal Gerak Refleks Bayi

Mengenal Gerak Refleks Bayi

Tahukah Anda bahwa beragam gerak refleks yang dimiliki oleh bayi merupakan 'modalnya' untuk bertahan hidup? Misalnya saja, refleks mencari puting dan mengisapnya. Ini merupakan kemampuan pertama bayi dalam memenuhi kebutuhan makanannya. Anda perlu mengetahui kapan gerak refleks ini sudah harus mulai menghilang. Bila terjadi sesuatu yang tidak normal, maka Anda bisa menangkap sinyal adanya kelainan yang mungkin terjadi pada Si Kecil sedini mungkin. Berikut jenis-jenis gerak refleks bayi yang perlu Anda kenali.

 



1. Refleks Moro
Refleks ini timbul ketika bayi terkejut. Umumnya terjadi karena ia merasa akan jatuh atau saat ada suara yang sangat keras. Bayi akan segera melengkungkan punggungnya, menjatuhkan kepala, lalu menarik kedua lengan dan kakinya ke arah dada. Terkadang, tangannya pun menggapai benda-benda yang ada di dekatnya. Refleks ini akan mulai menghilang saat ia berusia 3-6 bulan.

2. Refleks Genggaman
Begitu Anda menyentuh telapak tangan Si Kecil, ia akan memberikan respons dengan menggenggam kembali jari Anda. Inilah yang disebut dengan refleks genggaman. Refleks ini dikenal juga dengan palmar grasp dan akan menghilang begitu ia melewati usia 6 bulan.



3. Refleks Babinski
Refleks Babinski terdapat di bagian kaki, akan timbul jika Anda menggoyang-goyangkan telapak kaki Si Kecil.  Respons yang diberikan adalah jari-jari kakinya akan membuka, lalu secara perlahan kakinya akan menekuk ke arah dada. Refleks ini juga dikenal dengan plantar grasp, sedangkan nama Babinski diberikan sebagai penghormatan kepada dokter yang pertama kali menemukan gerak refleks ini. Refleks ini akan hilang saat Si Kecil berusia 1 tahun.

4. Refleks Mencari Puting
Refleks mengisap (rooting reflex) sangat membantu Anda dalam proses menyusui Si Kecil. Refleks ini adalah naluri alamiah Si Kecil yang ditunjukkan dengan menoleh serta mencari 'sumber makanannya' saat Anda menyentuh pipi atau bagian ujung mulutnya. Terkadang, ketika Si Kecil menyusu ASI, tangannya yang belum terkontrol akan bergerak naik ke arah wajah dan menyentuh pipinya sendiri. Setelah ia berusia 4 bulan, refleks ini akan menghilang, namun kepandaiannya menyusu dari puting Si Ibu akan meningkat.

5. Refleks Mengisap
Kemampuan mengisap yang dimiliki seorang bayi juga merupakan sebuah gerak refleks, karena newborn akan cenderung mengisap apa pun yang dimasukkan ke dalam mulutnya. Baginya, refleks ini berfungsi untuk makan dan minum.

6. Refleks Melangkah
Refleks ini timbul ketika Anda mencoba membuat Si Kecil berdiri di atas lantai, hingga kakinya akan dijejak-jejakkan seperti akan berjalan. Refleks ini bukan berarti suatu tanda bahwa ia sudah mulai belajar berjalan, karena proses belajar berjalan yang sesungguhnya baru muncul di usia 10-12 bulan. Refleks pada bayi ini akan hilang pada usia 4 bulan.

7. Refleks Berenang
Refleks ini timbul ketika Anda membawa Si Kecil ke dalam air. Secara alami, ia akan menggerakkan tangan dan kakinya. Gerakan ini disebut juga gerakan paddle dog, karena mirip dengan gerakan anjing ketika berenang. Refleks ini akan hilang ketika bayi berusia 6-7 bulan. (Aulia/doc.M&B)
 



Tags: gerak refleks bayi,   gerakan,   terkejut,   berpijak,   bayi,   refleks