Mother&Baby Indonesia
Bayi Perlu Dimanja?

Bayi Perlu Dimanja?

Tahukah Anda bahwa sebenarnya tidak ada istilah 'terlalu dimanja' bagi newborn? Hingga usia 5 bulan, bayi Anda memang belum mengerti arti 'mencari perhatian' dengan menangis. Ia hanya mencoba membangun hubungannya dengan Anda, dan ingin Anda mencukupi kebutuhannya.

 



“Bagaimana pun perlakuan Anda, Anda tak mungkin terlalu memanjakan atau terlalu berlebihan dalam menyayangi newborn,” jelas Dorothy Einon, psikolog anak. Satu-satunya cara bayi berkomunikasi dengan Anda adalah dengan menangis. Anda pun akan memberikan respons dengan menggendong atau memeluknya.

 

“Bayi yang masih kecil sebaiknya jangan dibuat menunggu. Oleh karena itu, Anda tak perlu mendengarkan kata orang lain yang berpendapat sebaliknya,” tambah Dorothy. Menurutnya, respons yang tepat akan memengaruhi hubungan ibu dan anak kelak. Jika Anda cepat menghampirinya saat ia menangis, ia akan tumbuh menjadi anak yang penuh percaya diri, karena ia tahu bahwa ia sangat dicintai.



 

Sebaliknya, jika Anda tidak ada saat Si Bayi membutuhkan Anda, maka ia akan sering merasa gelisah dan sulit ditenangkan. Ia akan menganggap Anda tidak dapat diandalkan, karena tidak dapat memberikan apa yang dibutuhkannya. Akibatnya, ia akan tumbuh menjadi anak yang pemalu dan tidak percaya diri. (Aulia/doc.M&B)

 



Tags: baby,   be pampered










Cover Mei-Juni-Juli 2020