Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 25 Juni 2013 / Redaksi

Manfaat Yoga Hamil

Banyak ibu hamil 'berburu' kelas senam hamil demi membantu kelancaran proses persalinan mereka kelak. Salah satu jenis senam hamil yang populer dan cukup digemari adalah yoga hamil. Gerakan-gerakannya dirancang untuk menguatkan otot-otot yang berperan dalam proses persalinan, seperti otot pernapasan, pinggul, dan perut. Salah satu teknik yang sering digunakan adalah yoga ujjayi. Gerakan yoga ujjayi ini dirancang untuk meningkatkan rileksasi otot-otot yang berkaitan dengan sistem pernapasan, mulai dari hidung, paru-paru, dan diafragma.

 

Mempelajari jenis yoga ujjayi dipercaya mampu membuat Anda lebih tenang saat menghadapi persalinan. Havard Mental Health Letter pada 2009 lalu mengumumkan hasil penelitian mereka terhadap gerakan yoga yang Anda pelajari saat hamil. Diungkapkan, bagaimana gerakan-gerakannya berpengaruh besar terhadap sistem sirkulasi darah Anda. Dalam jurnal tersebut para peneliti juga menyebutkan bahwa ibu yang rajin melakukan salah satu teknik yoga ujjayi memiliki sirkulasi, tekanan darah, kadar oksigen tubuh, serta kinerja jantung yang stabil. Saat persalinan tiba, hal tersebut secara otomatis akan membuat Si Ibu menjadi lebih tenang. Selain itu, gerakan yoga sangat membantu para ibu hamil menghindari depresi pasca-persalinan atau baby blues.



 



“Mengikuti kelas yoga hamil saat memasuki trimester ketiga terbukti sangat bermanfaat. Selain itu, Anda juga bisa bertemu para ibu hamil lain dan bertukar pikiran tentang banyak hal. Jadi, Anda mendapat 2 keuntungan-- tubuh yang sehat dan teman yang mengerti tentang masalah Anda,” ujar Cynthea Denise, salah satu pakar yoga asal California, Amerika Serikat. (Gita/DMO/Dok. M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Waspada Zat Kimia Berbahaya

Dampak Hormon Hamil Terhadap Rambut

Makanan Sehat Ibu Hamil

OTHER ARTICLES

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut Bayi Anda

5 Gaya Hidup Sehat yang Semakin Dilupakan Orang-Orang

Saat Penghasilan Istri Lebih Besar Ketimbang Suami

Saat Bayi Anda Menyusu Tiada Henti, Mesti Bagaimana?

Kram Kaki saat Hamil? Ini Tips untuk Mengatasinya